Mendagri:

Partai Baru Jangan Langsung Calonkan Presiden

FOTO | ISTIMEWAMendagri Tjahjo Kumolo
A A A

Pemerintah inginnya 20-25%, karena Partai untuk menentukan (calon presiden) harus teruji dulu. Jangan partai baru baru ikut sekarang langsung mencalonkan presiden. Ya saya nggak sebut lah partai apa, tapi kan ada juga. Harusnya diuji dulu,

Tjahjo Kumolo Mendagri

JAKARTA - Mendagri Tjahjo Kumolo dipanggil oleh Presiden Jokowi untuk memberikan laporan tentang kemajuan pembahasan RUU Pemilu di DPR. Jokowi terus memantau pembahasan regulasi tersebut.

"Kami sampaikan sedang tahap pembahasan ambang batas untuk DPR, kalau naik apakah di atas 5 atau di bawah 5 (persen). Jadi pada posisi antara 4 dan 5 (persen)," ujar Tjahjo usai pertemuan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2017).

Selain itu juga ada pembahasan ambang batas minimal untuk pencalonan presiden (presidential threshold). Pergolakan di parlemen sejauh ini antara yang ingin ambang batas itu 0% serta yang 20-25%.

"Pemerintah inginnya 20-25%, karena Partai untuk menentukan (calon presiden) harus teruji dulu. Jangan partai baru baru ikut sekarang langsung mencalonkan presiden. Ya saya nggak sebut lah partai apa, tapi kan ada juga. Harusnya diuji dulu," tutur Tjahjo.

Sementara itu mengenai jumlah kursi DPR, pemerintah mengusulkan tambahan untuk Kalimantan Utara dan Kepulauan Riau. Namun keputusan terakhir dia serahkan kepada DPR terkait hal ini.

Kode:47
Sumber:news.detik.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...