Korut Pamer Rudal Balistik Baru

Pada Perayaan ‘Hari Matahari’

FOTO | SputnikKorea Utara (Korut) dilaporkan memamerkan rudal balistik antar benua baru saat pawai militer di Pyongyang.
A A A
Rudal ini tampaknya lebih panjang dari dua tipe rudal sebelumnya yakni KN-08 atau KN-14,

PYONGYANG - Korea Utara (Korut) dilaporkan memamerkan rudal balistik antar benua baru saat pawai militer di Pyongyang. Pawai militer tersebut adalah bagian dari perayaan "Hari Matahari", atau hari peringatan kelahiran pendiri Korut, Kim Il Sung.

Menurut laporan sejumlah media di Korea Selatan (Korsel), rudal yang dipamerkan adalah rudal yang akan di uji Korut dalam waktu dekat. Korut seperti diketahui memang berencana melakukan uji coba rudal balisitik keenam di tahun ini dalam beberapa waktu ke depan.

Hal senada juga disampaikan oleh sejumlah pejabat militer Korsel. Mereka menyatakan rudal yang dipamerkan dalam pawai militer adalah sebuah rudal baru, dan kemungkinan memiliki jarak tembak menengah hingga jauh.

"Rudal ini tampaknya lebih panjang dari dua tipe rudal sebelumnya yakni KN-08 atau KN-14," kata salah seorang pejabat militer Korsel yang berbicara dalam kondisi anonim, seperi dilansir Sputnik pada Sabtu (15/4).

Sebelumnya, Korut melemparkan ancaman serius kepada Amerika Serikat (AS) dan sekutunya. Korut meminta AS untuk menghentikan apa yang mereka sebut histeria militer, atau Korut akan merespon dengan sangat keras.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis kantor berita Korut, KCNA, militer Korut menyatakan pihaknya akan memberikan respon yang keras hingga AS dan sekutunya tidak bisa lagi memberikan respon kepada Korut.

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...