Dalam sepekan ini terlihat makin maraknya pengemis di berbagai persimpangan jalan dan warung kopi di Kota Banda Aceh. Lihat dan amatilah, ketika setiap duduk di Cafe dan saat anda berhenti di persimpangan lampu lalu lintas. Di warung kopi misalnya, setiap berselang setengah jam sekali sudah ada pengemis lain yang menghampiri para pengunjung. Tersayang jika dimalam hari banyak anak-anak dibawah umur yang melakukan aksi tersebut.

Perkuat Ideologi dan Tugas Wakil Rakyat

PA Laksanakan Pembekalan Anggota DPRA dan DPRK se-Aceh

ISTIMEWAJuru Bicara (Jubir) DPA Partai Aceh (PA), H Muhammad Saleh
A A A

BANDA ACEH - Dewan Pimpinan Aceh (DPA) Partai Aceh (PA), melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pembekalan kepada anggota DPR Aceh dan DPRK dari Partai Aceh (PA) se-Aceh.

Pembekalan tersebut berlangsung sejak tanggal 13-15 Desember 2019 di Kota Sabang. Sesuai jadwal, pembekalan ini akan dibuka Ketua Tuha Peut, DPA Partai Aceh, Tgk Malik Mahmud Al-Haytar bersama Ketua Umum DPA PA, H Muzakir Manaf (Mualem), didampingi Sekjen PA, H Kamaruddin Abubakar (Abu Razak) di Mata Ie, Resort, Kota Sabang.

“Pembekalan ini sebagai upaya dan ikhtiar kami untuk terus melakukan evaluasi dan penguatan kapasitas internal, khususnya anggota DPR Aceh dan DPRK se-Aceh,” kata Juru Bicara (Jubir) DPA Partai Aceh (PA), H Muhammad Saleh atau akrab disapa Shaleh ini, 13 Desember 2019 di Banda Aceh.

Kata Shaleh, program yang baru pertama kali dilakukan ini, menghadirkan sejumlah narasumber internal PA seperti Ketua Tuha Puet, Ketua Umum dan Sekjen DPA PA, H Muzakir Manaf dan H Kamaruddin Abu Bakar serta Jubir PA. Dari eksternal yaitu, BPK RI, Dirjen Otda (Kemendagri RI) serta Kejaksaan Tinggi Aceh.

Pembekalan ini diikuti 136 wakil rakyat dari Partai Aceh. Ada 18 peserta diantara anggota DPR Aceh. Sisanya, anggota DPRK dari Partai Aceh se-Aceh. “Sejauh ini, seluruh peserta sudah menyatakan hadir,” jelas Shaleh.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, DPA Partai Aceh juga akan menyerahkan penghargaan kepada Ketua DPW Partai Aceh Kota Sabang dan DPW Partai Aceh Aceh Barat, atas prestasi meraih suara terbanyak pada Pileg 2019 lalu.

“Ini sebagai bentuk apresiasi partai terhadap pengurus yang telah berhasil menambah kursi serta mampu mempertahankannya. Kepada peserta, juga diberikan sertifikat sebagai tanda telah mengikuti pembekalan,” jelas Jubir PA, Muhammad Saleh.

Terkait materi yang dibahas, Ketua Tuha Puet Tgk Malik Mahmud akan membahas materi: Arah dan Platfon Partai Aceh, Upaya Penguatan idiologi dan Perjuangan. Mualem; Misi, Fungsi dan Tugas Anggota Parlemen Sebagai Perpanjangan Tangan Partai Aceh. Abu Razak mengupas tentang; Memperkuat Peran dan Daya Saing Partai Aceh. Selain itu, Jubir PA, Muhammad Saleh akan membahas tentang; Bagaimana Bersahabat dengan Media, Meraih Simpati Publik.

Sementara itu, BPK RI mengenai; Strategi Pengawasan Anggaran DPRA dan DPRK yang disampaikan Dr R Bramantyo SE Ak, MM QIA CPA (Widyaiswara Utama). Sedangkan Dirjen Otda, disampaikan Dr Heriyandi Roni MSi, yang merupakan Kasubdit Fasilitas Kepala Daerah dan DPRD Wilayah V dengan pokok bahasan; Kedudukan dan Kewenangan Pemerintah Aceh, DPR Aceh dan DPRK serta Fungsi Legislasi, Anggaran dan Pengawasan. Dari Kejati Aceh, diwakili Kejari Kota Lhokseumawe Ali Akbar SH MHum yang mengupas mengenai; Upaya Pencegahan Korupsi dalam Perencanaan dan Pengelolaan Anggaran.

Kepada peserta Bimtek dan Pembekalan ini, DPA Partai Aceh juga akan membahas sejumlah rekomundasi, terkait perkembangan regulasi dan politik Aceh terkini. Misal, tindaklanjut advokasi MoU Helsinki dan UUPA, Pelaksanaan Pilkada Aceh 2022, Dana Otonomi Khusus, Beasiswa, Migas Aceh serta Evaluasi Kritis Terhadap  Keberadaan Badan Reintegrasi Aceh (BRA).

“Alhamdulillah dan Insya Allah seluruh pemateri sudah menyatakan hadir,” jelas Jubir PA, Muhammad Saleh.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...