Pentagon:

Operasi Razia Pemimpin ISIS di Suriah Sukses

FOTO | ISTIMEWAPentagon menyatakan operasi razia pemimpin ISIS yang dilakukan pasukan operasi khusus AS di Suriah berjalan sukses.
A A A

WASHINGTON - Pasukan operasi khusus Amerika Serikat (AS) sukses melakukan sebuah serangan terhadap para pemimpin ISIS di provinsi timur Suriah, Deir ez-Zour. Demikian pernyataan juru bicara Pentagon.

"Operasi itu difokuskan pada kepemimpinan ISIS dan dilakukan oleh unit operasi khusus AS yang bertugas melacak operator jihad tingkat atas," kata Jeff Davis seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (10/1/2017).

Davis mengatakan bahwa 25 anggota ISIS telah tewas dalam serangan yang terlalu dibesar-besarkan itu. Ia mengatakan operasi itu dilakukan oleh Expeditionary Targeting Force (ETF), sebuah unit elit yang dikerahkan ke Irak.

"Razia semacam ini bertujuan untuk menghilangkan jihadis serta pengumpulan intelijen untuk melakukan operasi lebih lanjut," kata Davis.

Menurut Obeservatorium Suriah untuk HAM (SOHR) dan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) setidaknya empat helikopter, termasuk helikopter serang Apache, digunakan dalam operasi itu.

Seorang komandan SDF mengatakan serangan ditargetkan terhadap kendaraan yang dikendarai anggota senior ISIS yang berasal dari Raqqa, menewaskan beberapa anggota dan menangkap sejumlah anggota lainnya. Namun Davis membantah jika tahanan dibawa serta dengan mengatakan tidak penahanan dalam operasi itu.

Sedangkan menurut SOHR, penggerebekan menewaskan 14 anggota ISIS yang tengah bepergian dengan bus dan 11 dalam baku tembak.

Sumber: sindonews.com
Rubrik: Dunia

Komentar

Loading...