Pekan Depan

Obama Sampaikan Pidato Perpisahan di Chicago

FOTO | REUTERSPresiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama
A A A

WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan menyampaikan pidato perpisahannya dari Chicago, pekan depan. Pidato ini akan menjadi kesempatan terakhir Obama untuk menekankan kebijakannya sebelum pelantikan presiden terpilih Donald Trump.

Trump sebelumnya bersumpah untuk menghapus kebijakan-kebijakan peninggalan Obama seperti layanan kesehatan Obamacare, kemudian menarik diri dari kesepakatan perubahan iklim dan mengkaji ulang hubungan dengan sekutu serta rival AS.

Obama akan menyerahkan jabatannya pada Trump pada 20 Januari mendatang.

"Pada Selasa, 10 Januari, saya akan pulang ke Chicago untuk menyampaikan terima kasih dan perpisahan saya dengan Anda, bahkan jika Anda tidak bisa hadir langsung," ucap Obama dalam pernyataan singkat yang dirilis Senin (2/1) seperti dilansir AFP, Selasa (3/1/2017).

Pidato perpisahan Presiden AS telah menjadi tradisi sejak era George Washington. Pada Senin (2/1) waktu setempat, Obama kembali ke Washington DC setelah menghabiskan waktu dua minggu berlibur di Hawaii bersama keluarganya. Obama menyatakan, dirinya telah mulai menulis pidato perpisahannya.

"Saya menganggapnya sebagai kesempatan untuk berterima kasih kepada Anda untuk perjalanan mengagumkan ini, untuk merayakan bagaimana Anda mengubah negara ini menjadi lebih baik selama 8 tahun terakhir dan untuk menawarkan beberapa pemikiran bagaimana kelanjutannya," ucapnya.

Pada Minggu (1/1) waktu setempat, Obama kembali berkomentar via Twitter. "Sungguh menjadi kehormatan bagi hidup saya untuk melayani sebagai presiden Anda. Saya mengharapkan untuk bisa berdiri bersama Anda sebagai seorang warga negara," tutur Obama.

Sekitar 8 tahun lalu, Obama merayakan kemenangannya dalam pilpres AS di hadapan massa yang bersemangat di Chicago, kota asalnya. Di kota yang sama, Obama akan menyampaikan pidato perpisahannya setelah menjabat dua periode.

Obama dijadwalkan akan menyampaikan pidato perpisahan di McCormick Place Convention Center, pekan depan.

Komentar

Loading...