Obama Berjuang untuk Terakhir Kali Selamatkan Obamacare

FOTO | ISTIMEWAPresiden Amerika Serikat Barack Obama
A A A

WASHINGTON DC - Presiden Barack Obama menyemangati para wakil rakyat dari Partai Demokrat untuk mempertahankan warisan kebijakannya UU pelayanan kesehatan yang biasa disebut Obamacare ketika Partai Republik mulai meluncurkan ambisi lama mereka menganulir kebijakan itu.

Wakil Presiden terpilih Mike Pence menyebut upaya mencampakkan Obamacare ini sebagai perintah pertama pemerintahan Donald Trump.

Senat membuka debat bagi resolusi untuk menciptakan mosi yang didorong Republik guna mencabut UU yang resmi disebut Affordable Care Act yang dipromosikan Demokrat pada 2010 itu yang telah membantu 20 juta warga AS yang tidak dijamin oleh asuransi kesehatan menjadi mendapat perlindungan asuransi.

Obama yang akan menyerahkan jabatan kepada Trump pada 20 Januari nanti, mengunjungi Capitol Hill untuk mendesak para wakil rakyat Demokrat melindungi Obamacare yang disebut sebagai pencapaian besar kebijakan Obama di dalam negeri.

Partai Republik yang akan mengendalikan kedua kamar di Kongres (DPR dan Senat) dan juga Gedung Putih manakala Trump dilantik nanti, meningkatkan serangan retoris mereka terhadap UU yang mereka sebut sebagai tindakan terlalu jauh pemerintah itu.

Sebaliknya Demokrat menuduh Republik berusaha mencampakkan sistem pelayanan kesehatan bangsa itu tanpa mempunyai rencana pasti untuk menggantikannya.

"Strategi Republik memangkas pelayanan kesehatan tidak akan membuat Amerika hebat kembali," kata pemimpin Demokrat di Senat, Senator Chuck Schumer, menyitir slogan Trump selama kampanye 'membuat Amerika hebat kembali'. "Itu (sebaliknya) akan membuat Amerika sakit kembali dan mengantarkan kepada kekacauan ketimbang pelayanan yang terjangkau."

Sedangkan anggota DPR dari Demokrat, Elijah Cummings, menyatakan Obama "telah mendorong kami untuk berjuang" mempertahankan Obamacare, demikian Reuters.

Sumber:ANTARA
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...