Jalan akses menuju Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama, Kubupaten Bener Meriah lumpuh total akibat longsor dan pohon tumbang.“Mungkin kejadianya tadi malam, soalnya kemaren sore anggota saya pulang jalannya masih baik-baik saja," ungkapnya. Munurut Mustakim, longsor tersebut menimpa separuh badan jalan dengan panjang mencapai 17 meter, namun pohon-pohon dari atasnya tumbang dan menutup badan jalan sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui untuk saat ini.

Nurmiati Siap Tampilkan Produk Unggulan di Lomba Dekranasda Aceh

HUMAS PEMKO BANDA ACEHKetua Dewan Kerajinan Nasiaonal Daerah (Dekranasda) Kota Banda Aceh Nurmiati (kanan)
A A A

BANDA ACEH – Ketua Dewan Kerajinan Nasiaonal Daerah (Dekranasda) Kota Banda Aceh Nurmiati menyatakan pihaknya siap untuk menampilkan beragam produk unggulan UMKM lokal pada Lomba Dekranasda tingkat Provinsi Aceh.

Hal tersebut ia sampaikan saat mengikuti persiapan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda Aceh beserta jajaran pengurusnya dari Ruang Media Center Banda Aceh, Senin, 2 November 2020.

Acara diselenggarakan lewat aplikasi Zoom itu, juga diikuti oleh seluruh pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota se-Aceh. Dan salah satu pembahasannya yakni mengenai persiapan Lomba Rakerda Dekranasda Aceh pada 15 sampai 17 November 2020.

Menurut Nurmiati, pihaknya sangat menantikan kegiatan Rakerda Dekranasda Aceh dan telah mempersiapkan produk-produk unggulan para perajin Banda Aceh yang akan ditampilkan dalam perlombaan.

“Adapun produk yang akan kita ikut lombakan yakni hasil kerajinan tangan dari para perajin UMKM yang juga merupakan binaan Dekranasda Kota Banda Aceh,” ujar istri Wali Kota Banda Aceh ini.

“Tentunya kita berharap ajang ini bukan hanya mencari kemenangan semata, namun juga dapat menjadi wadah untuk memajukan usaha masyarakat,” ujarnya lagi.

Ia kemudian menekankan, Dekranasda mempunyai peran penting dalam upaya mengembangkan potensi industri kerajinan lokal.

“Sebab itu, saya beserta pengurus berkomitmen untuk terus mengembangkan produktivitas perajin, termasuk perihal kualitas dan jaringan pemasaran produk seni kerajinan masyarakat Banda Aceh,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Dekranasda Aceh Dyah Ety Idawati saat membuka rapat mengatakan, Rakerda Dekrasda Aceh merupakan acara yang ditunggu-tunggu setiap tahun dan sudah dipersiapkan sejak lama.

“Tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan secara vitual,” katanya seraya mengharapkan seluruh pengurus Dekranas se-Aceh untuk tetap semangat. “Acara ini merupakan hari raya kita. Walaupun dalam Covid-19 19, harus tetap semangat,” kata Dyah.

Dyah juga mengatakan salah satu cabang lomba Dekranasda Aceh 2020 adalah peragaan busana etnik daerah dengan tema “Etnik Gaya Minimalis Dalam Paradigma Kebiasaan Baru”.

Sementara itu, bakal ada juga penilaian pelaporan ketua dekranasda kabupaten/kota, launching produk kerajinan unggulan 2020, dan pameran kerajinan kabupaten/kota se-Aceh.

Rubrik:BANDA ACEH

Komentar

Loading...