Jalan akses menuju Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama, Kubupaten Bener Meriah lumpuh total akibat longsor dan pohon tumbang.“Mungkin kejadianya tadi malam, soalnya kemaren sore anggota saya pulang jalannya masih baik-baik saja," ungkapnya. Munurut Mustakim, longsor tersebut menimpa separuh badan jalan dengan panjang mencapai 17 meter, namun pohon-pohon dari atasnya tumbang dan menutup badan jalan sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui untuk saat ini.

Nova Dilantik, Janji Kampanye Ditagih

ISTIMEWAPelantikan Gubernur Aceh Nova Iriansyah oleh Mendagri Tito Karnavian
A A A

BANDA ACEH - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi mengambil sumpah dan melantik Ir H Nova Iriansyah MT sebagai Gubernur Aceh definitif sisa masa jabatan 2017- 2022.

Pelantikan Gubernur Aceh itu dilakukan melalui rapat paripurna di Gedung Parlemen Aceh di Gedung DPR Aceh, Kamis (5/11/2020).

Prosesi pelantikan berlangsung cukup singkat dengan protokol kesehatan untuk menghindari potensi penularan Covid-19.

Saat sidang dimulai, Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin mengawali "Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim rapat paripurna tahun 2020 dengan agenda Pengambilan sumpah jabatan Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017 - 2022 dimulai," kata Dahlan Jamaluddin.

Proses pelantikan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, selawat badar, menyanyikan lagu Indonesia Raya, himne Aceh, kemudian penyampaian sambutan Ketua DPR Aceh, dan pembacaan surat keputusan serta pengambilan sumpah jabatan.

Pada kesempatan itu Mendagri Tito Karnavian memimpin pengambilan sumpah jabatan Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah. Tito membacakan isi sumpah diikuti oleh Nova Iriansyah.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur Aceh dengan sebaik- baiknya dan seadil-adilnya, memegang UUD NKRI tahun 1945 dan menjalankan segala undang undang serta peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata Nova Iriansyah.

Selanjutnya, Mendagri Tito Karnavian memberikan surat keputusan pengangkatan Nova menjadi Gubernur Aceh definitif sisa masa jabatan 2017 - 2022. Namun pelantikan kali ini berbeda dengan pelantikan kepala daerah sebelum- sebelumnya. Karena pelantikan Nova Iriansyah, tidak ada proses penyematan tanda jabatan.

Dalam sambutannya, Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin meminta agar Gubernur Aceh Nova Iriansyah mampu membangun komunikasi yang baik dengan parlemen untuk mewujudkan keinginan rakyat.

"Dengan musyawarah kita akan pikul amanah yang diberikan rakyat Aceh kepada kita selaku anggota dewan," tegasnya.

Mengusung visi misi Aceh Hebat

Sebelum dilantik sebagai Gubernur, Nova Iriansyah menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) sejak 2018, dia merupakan wakil gubernur mendampingi Irwandi Yusuf. Keduanya terpilih untuk masa jabatan 2017 - 2022.

Namun kemudian Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberhentikan Irwandi Yusuf sebagai Gubernur Aceh karena terbukti terlibat dalam tindak pidana korupsi.

Pada masa kampanye 2017, pasangan Irwandi-Nova mengusung visi misi Aceh Hebat. Kemudian slogan ini dijabarkan dalam beberapa program seperti Aceh Troe, Aceh Pemulia, Aceh Dame, Aceh Kaya hingga Aceh Kreatif.

Dengan dilantiknya Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh definitif masyarakat mengaharapkan seluruh program dan janji-janji politik pada Pilkada 2017 lalu dapat segera dituntaskan.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...