Lima Bahaya Terlalu Sering Minum Teh Hijau,

Nomor Empat Paling Mematikan!

FOTO | ISTIMEWATeh hijau
A A A

TEH hijau termasuk jenis minuman yang kini mulai banyak dikonsumsi. Alasannya karena teh itu terbukti memiliki sejumlah manfaat kesehatan seperti mencegah datangnya penyakit dan menurunkan berat badan.

Para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi dua sampai tiga cangkir teh hijau per hari untuk mendapatkan manfaatnya. Sebab, jikalau lebih dari itu malah menimbulkan masalah.

Melansir laman Ndtv, Senin (22/1/2018), seorang ahli nutrisi, Dr. Anju Sood mengatakan kelebihan teh hijau dapat membuat tubuh menjadi ‘kering’. “Terlalu banyak mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan asam di perut karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Orang yang minum lebih dari tiga cangkir per hari bisa mengalami kenaikan asam lambung, kembung, acid reflux, dan kekurangan mineral,” tutur Dr. Anju.

1. Overdosis kafein
Sama halnya dengan jenis teh lain, teh hijau juga mengandung kafein. Apabila diasup berlebih, maka jumlah kafein yang diterima tubuh juga akan bertambah. Hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala, gangguan tidur, mudah tersinggung, cemas, dan sakit maag.

2. Acid reflux
Seseorang tidak disarankan untuk meminum teh hijau dalam kondisi perut kosong. Alasannya karena teh mengandung polifenol yang dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan sakit perut, rasa mual, sensasi terbakar, atau bahkan sembelit. Minumlah teh hijau di sela waktu makan atau setelah makan.

3. Menyebabkan dehidrasi
Teh hijau adalah diuretik alami yang menyebabkan tubuh kehilangan air. Bila seseorang meminum teh hijau lebih banyak, otomatis ia akan lebih sering mengeluarkan cairan. Pada gilirannya hal itu akan menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Dehidrasi tingkat lanjut dapat menimbulkan sakit kepala , kelesuan, dan kelelahan

4. Merusak hati
Seseorang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu tidak disarankan mengonsumsi teh hijau karena tidak aman. Menggabungkan teh hijau dengan obat antibiotik, stimulan, obat asma, atau obat lain dapat menimbulkan risiko kerusakan hati.

5. Mengurangi kandungan zat besi
Teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan membantu mengurangi berat badan. Namun jangan karena ingin menurunkan berat badan lebih cepat, maka teh hijau yang diminum lebih banyak. Hal itu dapat membuat tubuh kurang menyerap zat besi sehingga membawa masalah kesehatan baru, terutama pada orang-orang yang tingkat zat besinya rendah.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...