12 Khasiat Makan Nangka

Nomor 7 Idaman Kaum Perempuan

FOTO | ISTIMEWANangka
A A A

NANGKA memiliki tekstur yang lunak tapi tidak lembek, buah ini terkenal karena rasanya yang manis. Tak hanya bisa dimakan secara langsung, nangka khusunya yang masih muda juga ternyata bias diolah menjadi lauk untuk pendamping makan nasi.

Tak heran jika Anda berkunjung menuju warung makan Padang, maka akan menemukan menu wajib yakni sayur nangka. Berbeda dari nangka yang bias dimakan secara langsung, sayur ini dibuat dari nangka yang masih muda sehingga rasanya tidak terlalu manis dan cocok untuk disayur.

Namun, tahukah Anda selain bisa diolah, nangka juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan? Ternyata nangka memiliki 12 manfaat positif terhadap tubuh bagi orang yang mengonsumsinya. Penasaran bukan? berikut ulasannya.

Meningkatkan Kekebalan tubuh
Nangka mengandung vitamin C dan antioksidan dalam jumlah besar yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadikannya lebih kuat saat melawan infeksi.

Mengembalikan Energi
Satu porsi berisi 100 gram nangka mengandung 94 Kkal dan sarat dengan karbohidrat baik. Kandungan ini memberi Anda dorongan energi jika mengonsumsinya. Gula dalam nangka sangat mudah dicerna dan sangat sehat untuk tubuh manusia.

Memastikan kesehatan kardiovaskular dan tekanan darah yang teratur
Nangka kaya akan kalium dan dengan demikian membantu dalam membantu kebugaran jantung kita dan sistem peredaran darah. Dapatkan untuk mengetahui tentang cara alami untuk menurunkan tekanan darah.

Melancarkan Pencernaan
Sangat penting untuk mengonsumsi jumlah serat yang sehat dalam makanan sehari-hari Anda. Serat larut dengan cepat dipecah oleh tubuh kita untuk menghasilkan energi dan serat tak larut melancarkan feses Anda sehingga mudah digerakan usus.

Mencegah Kanker
Nangka kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid. Kehadiran antioksidan ini menghilangkan racun yang diproduksi oleh tubuh serta radikal bebas yang berbahaya bagi kita. Baik racun dan radikal bebas diketahui menyebabkan kanker dalam tubuh.

Meningkatkan penglihatan
Nangka kaya akan vitamin A (Beta-Karoten), nangka memberikan nutrisi yang sehat untuk mata. Ini melindungi mata dari infeksi bakteri dan virus dan juga membebaskan mereka dari radikal bebas yang mungkin berbahaya. Nangka juga menyelamatkan mata dari gelombang cahaya yang intens dan berbahaya seperti sinar ultraviolet. Nangka sangat efektif dalam mencegah degenerasi retina dan mengurangi risiko katarak.

Memperlambat penuaan
Penuaan disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas diproduksi dalam tubuh kita selama stres oksidatif tinggi yang disebabkan oleh polusi. Nangka yang kaya antioksidan dapat menghancurkan radikal bebas ini yang memperlambat proses penuaan.

Memperkuat Tulang
Nangka mengandung banyak kalsium yang memperkuat tulang dan kalium yang mengurangi hilangnya kalsium melalui ginjal. Gejala gangguan terkait tulang seperti radang sendi; osteoporosis dapat disembuhkan dengan konsumsi nangka.

Meningkatkan Kualitas Darah
Nangka juga mengandung banyak zat besi di dalamnya. Konsentrasi zat besi yang tepat dalam tubuh kita membantu mencegah gangguan seperti anemia. Zat besi juga membantu dalam membantu metabolisme. vitamin C, magnesium, dan tembaga juga membantu meningkatkan kualitas darah.

Mencegah/Mengontrol Asma
Nangka membantu mengendalikan ketidakseimbangan dalam tubuh yang berakibat pada pengendalian serangan asma. Terutama ketika gejalanya dipicu oleh polusi, nangka membantu mengendalikan gejalanya dengan menghilangkan radikal bebas yang diproduksi dalam tubuh karena polusi.

Memastikan Tiroid Berfungsi dengan baik
Nangka kaya akan tembaga yang membantu metabolisme tiroid terutama dalam produksi dan penyerapan hormon. Nangka juga bias membantu orang yang menderita gangguan tiroid.

Mengobati penyakit kulit dan demam
Akar nangka adalah obat untuk penyakit kulit. Ekstrak akarnya juga menyembuhkan demam.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...