Benarkah

Ngiler saat Tidur Cuma Terjadi Ketika Kita Lelah?

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

KATANYA ngiler saat tidur terjadi karena tubuh kelelahan. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa hal umum yang biasanya jadi penyebab ngiler saat tidur, seperti alergi, radang amandel, atau infeksi sinus. Lantas, apakah benar lelah itu penyebab ngiler saat tidur? Apakah ngiler saat tidur hanya terjadi ketika Anda lelah saja?

Ngiler saat tidur itu wajar
Sebenarnya, ngiler saat tidur adalah hal yang sangat normal. Pasalnya, mulut akan terus memproduksi air liur atau saliva, bahkan saat kita tertidur. Nah, penyebab ngiler saat tidur biasanya karena mulut yang terbuka ketika itu.

Saat tidur, otot-otot tubuh rileks, apalagi jika memasuki tahap REM. Otot area mulut pun juga sama, sehingga mungkin saja Anda tertidur dalam posisi mulut yang terbuka. Mulut terbuka saat tidur juga biasanya disebabkan karena tubuh ingin mendapatkan lebih banyak oksigen, sehingga dengan otomatis Anda bernapas dari mulut.

Air liur yang terus-terusan diproduksi tersebut tidak bisa tertelan semua karena Anda tertidur, akhirnya air liur tertumpuk di mulut dan malah keluar, alias Anda mengiler.

Sebenarnya, kelelahan tidak bisa dibilang jadi penyebab langsung ngiler saat tidur. Lagi-lagi, ngiler saat tidur adalah hal yang umum terjadi, bahkan pada Anda yang tidak kelelahan sekali pun.

Namun, orang yang kelelahan lebih sering mengalami hal ini. Pasalnya, kelelahan bisa menandakan bahwa Anda sedang stres, depresi, atau bahkan akibat kekurangan tidur selama ini. Nyatanya, berbagai kondisi tersebut yang memicu ngiler saat tidur.

Beberapa ahli juga mengatakan bahwa jika kelelahan bisa disebabkan oleh kondisi yang disebut dengan teror tidur. Nah, salah satu gejala teror tidur adalah ngiler saat tidur.

Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...