Napoli vs Juventus

Napoli Wajib Menang atas Juventus

FOTO | REUTERS.
A A A

JAKARTA - Pertandingan menarik akan tersaji pada Serie A 2016/2017 giornata ke-30, Senin (03/04/2017) dinihari WIB, antara Napoli vs Juventus. Hal ini dikarenakan pertandingan ini akan cukup berpengaruh terhadap alur perebutan Scudetto musim ini.

Jika dilihat dari segi poin yang dimiliki oleh kesebelasan-kesebelasan di Serie A. Juventus merupakan kesebelasan dengan kesempatan untuk meraih sekaligus mempertahan gelar Scudetto. Sementara itu untuk pesaing terdekat mereka, AS Roma dan Napoli adalah yang paling mungkin menggagalkan kesempatan Juventus mempertahan Scudetto.

Juventus saat ini memuncaki klasemen dengan 73 poin, unggul 10 angka dari sang lawan, Napoli yang saat ini berada pada peringkat ketiga. Dengan Serie A yang sudah memasuki giornata ke-30, ini artinya jika ingin mempertahankan asa meraih Scudetto, Napoli harus meraih kemenangan pada pertandingan ini. Jika mendapatkan hasil imbang atau bahkan menderita kekalahan, mereka harus bersiap untuk merelakan kesempatan meraih Scudetto.

Tekanan Lebih Besar Berada pada Napoli
Dengan tuntutan harus meraih kemenagan pada pertandingan ini, tentu tekanan lebih besar akan berada di pihak Napoli. Tekanan bagi Napoli untuk mengalahkan Juventus ini tentu tak hanya berasal dari para pendukung mereka saja. Mungkin hampir seluruh penikmat Serie A (kecuali pendukung Juventus tentunya), mendukung dan mendoakan agar Napoli mampu meraih kemenangan.

Mengapa bisa seperti itu? Kebosanan akan Serie A yang selalu dikuasai oleh Juventus dan agar perebutan Scudetto terus menarik paling tidak hingga beberapa giornata ke depan menjadi penyebabnya.

Akibat dari hal ini tentunya tekanan yang berada di pundak Marek Hamsik dkk semakin besar. Namun, ini juga bisa menjadi sebuah ujian untuk mengukur mental juara Napoli. Apakah mereka sudah cukup layak atau tidak untuk meraih Scudetto, gelar yang terakhir kali diraih Napoli 27 tahun lalu ketika masih diperkuat oleh Diego Maradona.

Satu hal lagi, kemenangan Napoli pada pertandingan ini juga akan bernilai sangat spesial bagi para pendukung mereka. Mengapa? Karena mereka bisa melihat sang mantan, Gonzalo Higuain yang sudah dicap sebagai pengkhianat pulang dengan kepala tertunduk.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pendukung Napoli sangat membenci Higuain. Bahkan menyambut laga ini, mereka menjual tisu toilet dengan gambar penyerang timnas Argentina tersebut.

Selain itu, Juventus sepertinya tidak akan tampil dengan kekuatan penuhnya setelah Marko Pjaca dan Mehdi Benatia mengalami cedera serta Mario Mandzukic dan Paulo Dybala yang dikabarkan masih belum fit.

Hal ini tentu harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Napoli untuk meraih kemenangan dan mengubah tekanan yang berada pada mereka menjadi sebuah hasil yang menggembirakan.

Penyerangan Terbaik vs Pertahanan Terbaik
Kedua kesebelasan mempunyai kekuatan yang berbeda pada musim ini. Napoli memegang ungkapan bahwa pertahanan terbaik adalah dengan menyerang, hal ini terlihat dari jumlah gol mereka merupakan yang terbanyak di Serie A. Dan jumlah kebobolan mereka merupakan yang tertinggi dari lima kesebelasan teratas Serie A.

Sementara itu Juventus menganut prinsip yang bertolak belakang dengan Napoli. Juventus benar-benar menerapkan pertahananan terbaik dengan arti yang seharusnya yaitu dengan membuat lawan mencetak gol ke gawang mereka seminimal mungkin. Ini terlihat dari jumlah kebobolan mereka merupakan paling sedikit di Serie A.

Hal ini tentu akan menjadi sajian yang menarik. Laga ini bisa menjadi uji kepantasan bagi keduanya untuk menyandang status sebagai kesebelasan dengan penyerangan dan pertahanan terbaik di Serie A.

Dries Mertens, Jose Callejon, dan Lorenzo Insigne akan menjadi tumpuan utama Napoli untuk membongkar ketatnya pertahanan Juventus. Kombinasi ketiga pemain tersebut merupakan yang tertajam di Serie A dengan menghasilkan 40 gol, dengan rincian 20 gol Mertens, delapan gol Callejon dan 12 gol Insigne. Apalagi jika ditambahkan dengan Marek Hamsik yang sudah mencetak 10 gol. Tentu kombinasi para pemain Napoli tersebut seharusnya sudah lebih dari cukup untuk mengobrak-abrik pertahanan Juventus.

Untuk menahan laju para penyerang Napoli yang cukup tajam pada musim ini. Juventus sepertinya akan mengandalkan Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci pada laga ini. Keberadaan dua bek timnas Italia tersebut ditambah dengan ketangguhan Gianluigi Buffon di bawah mistar diharapkan bisa mematikan ketajaman para penyerang Napoli.

Adu Kuat di posisi sayap
Berdasarkan data dari whoscored, baik Napoli maupun Juventus sangat mengandalkan para pemain sayap mereka dalam melakukan serangan. Hal ini pun semakin menarik karena posisi sayap yang mereka andalkan saling bertolak belakang. Napoli cukup kuat di posisi sayap kiri, sedangkan Juventus mengandalkan sayap kanan mereka untuk menyerang.

Menurut data whoscored, tercatat Napoli melakukan serangan sebanyak 39% dari sayap kiri dan Juventus menyerang sebanyak 40% melalui sisi kanan lapangan.
Jika kedua kesebelasan kembali mengandalkan posisi sayap seperti biasanya, ini artinya akan terjadi pertarungan sengit pada satu sisi lapangan di laga ini. Kesebelasan yang mampu lebih menguasainya tentu akan berpeluang besar meraih kemenangan.

Lorenzo Insigne tentu menjadi kekuatan utama Napoli dalam mengusung serangan dari sayap kiri. Pemain berusia 25 tahun ini memang sangat berpengaruh terhadap penampilan Napoli musim ini. Tercatat ia berperan dalam 19 gol ygang dicetak oleh Napoli.

Di posisi sayap kiri ini, Insigne kemungkinan besar akan dibantu oleh Faouzi Ghoulam. Bek kiri yang juga sering maju ke depan untuk membantu penyerangan.

Sementara itu, sejak pelatih Juventus, Massimiliano Allegri menggunakan formasi 4-2-3-1, sayap kanan Juventus menjadi semakin kuat. Sejak saat itu pula, Juan Cuadrado mulai mendapatkan tempat di tim inti Juventus dan membuat sayap kanan mereka semakin mengerikan. Ia bahu-membahu bersama Daniel Alves dan Stephan Lichtsteiner di sayap kanan Juventus.

Kesimpulan

Tekanan pada laga ini lebih dimiliki oleh Napoli. Mereka wajib meraih kemenangan jika ingin menjaga asa meraih Scudetto. Namun, tidak bisa tampilnya beberapa pemain Juventus seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Napoli. Di tambah lagi dengan motivasi para pendukung mereka yang ingin melihat mengalahkan Higuain bisa menambah semangat para pemain Napoli untuk mengubah tekanan menjadi kemenangan.

Kuncinya terletak pada siapa yang mampu lebih menguasai sayap lapangan yang merupakan kekuatan kedua kesebelasan. Selain tentunya sajian menarik yang akan terjadi antara para penyerang Napoli dengan bek-bek Juventus. Mengingat kedua kesebelasan merupakan tim dengan penyerangan terbaik (Napoli) dan pertahanan terbaik (Juventus) di Serie A musim ini.

Kode:47
Sumber:sport.detik.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...