Sebanyak 2.303 calon pengantin di Aceh melaksanakan akad nikah sepanjang April-Mei 2020. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariat Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Hamdan MA. Menurut Hamdan, di tengah masa darurat Covid-19 dan pembatasan larangan akad nikah di luar KUA sejak April-Mei, tercatat 3096 pendaftaran nikah di KUA ----- Memasuki hari ke enam lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, puluhan pekerja bangunan dari Sumatera Utara mulai tiba di Kabupaten Bener Meriah. Hal itu disampaikan Ketua Tim Publik Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bener Meriah Zulkifli Burhanuddin saat dikonfirmasi awak media via seluler, Senin (1/6/2020) ----- Aksi pengerusakan Kantor Reje (Kepala) Kampung di Kecamatan Bukit kembali terulang, dimana sebelumnya dua kantor Reja Kampung di Kecamatan Bukit yakni Kampung Blang Tampu dan Blang Panas diobarak abrik masyarakat disana. Peristiwa itu juga dialami Kantor Reje Kampung Kute Kering Kecamatan Bukit, warga yang didominasi kaum ibu-ibu mengamuk dan memecahkan kaca jendela baigain depan, Senin (1/6/2020)

Muhammadiyah Umumkan Fatwa Salat Id di Masa Corona Besok

ANTARAIlustrasi
A A A

JAKARTA- Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan mengumumkan fatwa khusus penyelenggaraan Salat Idul Fitri (Salat Id) di tengah pandemi virus corona (Covid-19) esok hari, Kamis (14/5).

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah akan mengkaji fatwa tersebut malam ini.

"Nanti malam baru akan dibahas, mungkin baru besok disampaikan," kata Mu'ti saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (13/5). "Khusus Idul Fitri ini akan dibuat fatwa sendiri," lanjut dia.

Mu'ti mengatakan saat ini Muhammadiyah baru mengeluarkan panduan beribadah di rumah selama Ramadan. Panduan itu belum mencakup soal Salat Id secara spesifik.

Dia bilang belum bisa memastikan apakah Muhammadiyah akan memperbolehkan Salat Id di tempat publik atau tidak. Namun ia memastikan Salat Id harus dilakukan berjemaah, meski tidak di tempat umum.

"Kalau Salat Idul Fitri itu harus berjemaah, tetapi tidak harus melaksanakan. Jadi kalau melaksanakan itu harus berjemaah. Tidak melaksanakan tidak apa-apa karena hukumnya sunnah," ucapnya.

Mu'ti menyebut fatwa juga akan membahas pelaksanaan khotbah Salat Id. Seperti diketahui, khotbah menjadi salah satu rukun ibadah tersebut. Salat Idul Fitri berjumlah dua rakaat dan diakhiri dengan khotbah.

"Itu yang nanti dibahas. Kalau salat ya kalau namanya Idul Fitri itu, pendapat para ulama itu kan satu rangkaian ibadah," ujar Mu'ti.

Sebelumnya, pemerintah sedang mengkaji penyelenggaraan Salat Id di tengah pandemi corona. Menag Fachrul Razi siang ini mengadakan rapat dengan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terkait hal itu.

Sumber:CNN INDONESIA
Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...