Moon pun Menjejaki Korea Utara

AFP PHOTOMoon Jae-in dan Kim Jong-un.
A A A

KOREA SELATAN -  Ada yang menarik saat dua pemimpin Korea bertemu, Jumat (27/4) pagi. Dalam video yang dirilis China Global Television Network (CGTN) via Twitter, terlihat Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un mengajak koleganya Presiden Korea Selatan, untuk menjejakkan kakinya di wilayah Korea Utara.

Ajakan Kim dilakukan setelah dirinya disambut jabat tangan hangat oleh Moon saat keduanya bertemu untuk pertama kalinya di perbatasan zona demiliterisasi di wilayah Panmunjom, Korea Selatan. Setelah tiba di zona demiliterisasi, Kim tampak bergegas menemui koleganya. Kim berhenti di wilayah Korea Utara, sedangkan Moon berada di wilayah Korea Selatan. Keduanya hanya terpisah jarak sekitar 50 sentimeter dengan batas setinggi kurang dari 10 sentimeter.

Mereka pun langsung berjabat tangan dan berbincang, tetapi tetap berpijak di wilayah masing-masing. Moon kemudian mengajak Kim menjejakkan kakinya di wilayah Korea Selatan. Keduanya berkenan difoto dari dua arah, yakni menghadap wilayah Korea Utara, lalu menghadap wilayah Korea Selatan. Setelah itu, Moon mengajak Kim melanjutkan perjalanan menuju wilayah Korea Selatan.

Pada momentum itulah, Kim mengajak Moon berbalik untuk menjejakkan kakinya di wilayah Korea Utara. Ajakan itu disambut Moon dan keduanya berjalan bersama dengan bergandengan tangan menuju wilayah Korea Utara di perbatasan kedua negara.

Setelah menjejakkan kaki di Korea Utara, keduanya kembali berjabat tangan, lalu kembali melangkah ke wilayah Korea Selatan untuk melanjutkan pertemuan.

Pertemuan dua pemimpin Korea sebenarnya bukan baru berlangsung kali ini saja. Sebelumnya telah terjadi dua kali pertemuan antara pemimpin kedua negara.

Pertemuan pertama dua pemimpin Korea terjadi pada 13-15 Juni 2000 di Pyongyang, Korea Utara. Saat itu, Presiden Korea Selatan Kim Dae-jung menemui Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il. Pertemuan itu merupakan pertemuan pertama dua pemimpin Korea setelah Perang Korea pada 1950 sampai 1953.

Pertemuan kedua juga berlangsung di Pyongyang pada 2-4 Oktober 2007. Ketika itu, Presiden Roh Moo-hyun menemui Kim Jong-il.

Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...