Momen Bersejarah Saat Trump Dilantik dengan Didampingi Keluarga

A A A

WASHINGTON DC - Setelah mengucapkan sumpah jabatan, Donald Trump resmi menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Trump didampingi keluarganya saat mengucap sumpah jabatannya di Gedung Capitol, Washington DC, AS.

Mike Pence mendapat giliran pertama dilantik menjadi Wakil Presiden AS. Hakim Mahkamah Agung Clarence Thomas memimpin pembacaan sumpah jabatan.

Kemudian giliran Trump untuk mengucap sumpahnya dibimbing oleh Ketua Mahkamah Agung AS, John Roberts. "Saya, Donald John Trump, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan dengan teguh menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat, dan akan dengan kemampuan terbaik saya, menjaga, melindungi dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat. Tuhan, tolong saya," demikian bunyi sumpah yang diucapkan Trump, Jumat (20/1/2017) .

Saat pengucapan sumpah, Trump didampingi oleh kelima anaknya, yakni Donald Trump Jr, Eric Trump, Ivanka Trump, Tiffany Trump dan Barron Trump. Mereka berdiri di tangga Gedung Capitol saat pengucapan sumpah jabatan tersebut.

Istri Trump, Melania, membawakan dua buku Alkitab yang menjadi saksi janji miliarder itu menjadi Presiden AS. Alkitab pertama merupakan hadiah dari ibunda Trump saat lulus Sekolah Minggu di tahun 1955 dan satu lagi merupakan Alkitab yang pernah digunakan oleh Presiden Abraham Lincoln saat dilantik.

Usai mengucap sumpah jabatannya, Trump sempat melayangkan ciuman pada istrinya Melania. Trump juga berpelukan dengan kelima anaknya setelah resmi dilantik menjadi Presiden AS.

Setelah prosesi itu selesai Trump memberikan pidato pertamanya sebagai Presiden AS. Hujan mengiringi pidato pertamanya sebagai Presiden AS.

Presiden AS ke-44 Barrack Obama hadir dalam pelantikan tersebut. Selain Obama ada beberapa tokoh penting hadir dalam pelantikan Trump seperti rival Trump, Hillary Clinton yang datang bersama suaminya Bill Clinton, dan juga mantan Presiden AS George W Bush.

Fotografer: REUTERS
Sumber: detik.com
Rubrik: Foto

Komentar

Loading...