KPK Sambut Positif

MK Pecat Empat Pegawai

FOTO | DETIK.COMWakil Ketua KPK Laode M Syarif
A A A
Saya menyambut positif upaya kemarin yang dilakukan MK. Saya mendengar dari media bahwa setelah mendapatkan berkas, akan langsung di-scan dan di-upload sehingga kehilangan itu bisa diminimalisir,

JAKARTA - Empat pegawai Mahkamah Konstitusi (MK) langsung dipecat karena diketahui mencuri berkas sengketa Pilkada Dogiyai, Papua. Hal itu disambut positif Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.

"Saya menyambut positif upaya kemarin yang dilakukan MK. Saya mendengar dari media bahwa setelah mendapatkan berkas, akan langsung di-scan dan di-upload sehingga kehilangan itu bisa diminimalisir," ujar Laode di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (23/3/2017).

Menurutnya, dalam diskusi 'MK Mendengar', KPK telah memberikan berbagai masukan. Salah satunya terkait dengan proses etik tak hanya diberikan kepada hakim, tapi juga kepada pegawai dan seluruh pejabat di MK.

"Kedua, sistem yang berlaku di sana itu bisa lebih transparan dan terbuka sehingga diharapkan itu juga bisa mencegah hal-hal terjadinya kebocoran atau pencurian naskah seperti itu," ujar Laode.

Sebagaimana diketahui, Ketua MK Arief Hidayat menyebut perilaku 4 bawahannya sebagai pelanggaran berat. Karena itu, Arief tidak memberikan toleransi sedikit pun.

"Hasil pemeriksaan memang benar, empat orang ini sudah terlibat secara nyata. Oleh karena itu, Sekjen memecat empat orang ini, yang dua di antaranya satpam. Mereka ini yang terlihat CCTV adalah satpam senior, yang sejak awal ada di MK.

Kemudian kedua satpam ini tugasnya memang mengamankan di situ (ruang penyimpanan berkas), tetapi dia yang mengambil satu dokumen itu. Kemudian yang berikutnya PNS yang namanya Sukirno dan kemudian berikutnya pangkatnya lebih tinggi, dia Kasubag Humas, pejabat eselon empat namanya Rudi Harianto," tutur Arief.

Kode:47
Sumber:news.detik.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...