Peneliti,

Minum Teh Bisa Mencegah Kanker pada Perempuan?

FOTO |WhatwomanneedsIlustrasi
A A A

PERUBAHAN epigenetik adalah modifikasi kimiawi yang mengubah gen menjadi aktif atau tidak aktif. Dalam sebuah studi baru dari Universitas Uppsala, yang dilansir dari Science Diary, peneliti menunjukan, konsumsi teh bagi perempuan menyebabkan perubahan epigenetik pada gen yang diketahui berinteraksi dengan metabolisme kanker dan estrogen.

Gaya hidup dan lingkungan modern menjadi salah satu faktor pengubah epigenetik pada manusia. Hal tersebut misalnya dikarenakan pilihan makanan yang sembarang, merokok, dan paparan bahan kimia.

Dalam studi ini, para peneliti dari Universitas Uppsala bekerja sama dengan kelompok peneliti di seluruh Eropa, menyelidiki apakah konsumsi kopi dan teh dapat menyebabkan perubahan epigenetik.

Penelitian sebelumnya telah menyatakan, kopi dan teh cukup berperan dalam memodulasi risiko penyakit manusia dengan menekan perkembangan tumor, mengurangi peradangan, dan memengaruhi metabolisme estrogen, mekanisme yang dapat dimediasi oleh perubahan epigenetik.

Hasilnya menunjukan bahwa ada perubahan epigenetik pada perempuan yang mengonsumsi teh, tapi tidak pada pria. Menariknya, banyak dari perubahan epigenetik tersebut ditemukan pada gen yang terlibat dalam metabolisme kanker dan estrogen.

Hasil lainnya adalah, tidak ada perubahan yang signifikan terhadap mereka yang mengonsumsi kopi. Hasil dari penelitian ini menyoroti peran komponen aktif farmakologis dalam teh yang terlibat dalam metabolisme kanker dan etsrogen.

Yang mana dari itu dapat mencerminkan bahwa efek kesehatan yang terkait dengan konsumsi teh mungkin disebabkan perubahan epigenetik. Namun, penelitian ini tidak menujukan apakah itu sehat atau tidak minum teh dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana perubahan epigenetik yang ditemukan dalam penelitian ini memengaruhi kesehatan Anda.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...