Cukup Dua Cangkir Per Hari,

Minum Kopi Bisa Cegah Penyakit Jantung

FOTO | MadeinsingaporeMinum kopi bisa menyehatkan jantung
A A A

Kopi itu baik untuk mereka yang memang bisa menoleransi kafein dalam tubuh. Bahkan, jika Anda merupakan orang yang toleransi kafein, minum kopi adalah keharusan. Salah satu manfaatnya adalah mencegah penyakit jantung,

Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD Guru Besar Gizi Masyarakat IPB

KONSUMSI kopi menurut ahli sebaiknya dua cangkir saja atau sekitar 400 mg kopi per hari. Kelebihan kafein dalam tubuh diyakini tidak baik untuk kesehatan.

Salah satu masalahnya adalah tidak stabilnya kinerja jantung. Namun, jika Anda mengonsumsi kopi dengan takaran yang benar, maka minuman tersebut malah membuat Anda sehat. Tak terkecuali pada mereka penderita masalah jantung.

Dijelaskan Guru Besar Gizi Masyarakat IPB Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, kopi merupakan salah satu bahan alami yang bersifat ergogenik aids atau pembangkit stamina tubuh. Karena sifat itu, mereka yang mengonsumsi kopi biasanya merasakan perfoma tubuh yang tinggi.

Stamina dan energi tubuhnya menjadi lebih baik dari sebelumnya, dan itu cukup baik untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari. ’’Kopi itu baik untuk mereka yang memang bisa menoleransi kafein dalam tubuh. Bahkan, jika Anda merupakan orang yang toleransi kafein, minum kopi adalah keharusan. Salah satu manfaatnya adalah mencegah penyakit jantung,’’ katanya pada Okezone di IPB, beberapa waktu lalu.

Prof. Ahmad melanjutkan, salah satu faktor penyebab masalah jantung adalah kinerja organ tersebut tidak dimaksimalkan sehingga pemompaan darah ke tubuh jadi lemah. Pada mereka yang dikatakan toleran terhadap kafein, sambung Prof. Ahmad, konsumsi kopi tidak ada batasannya.

Jadi, pada kelompok orang yang demikian, tidak mengenal yang namanya batasan berapa gelas kopi yang seharusnya dikonsumsi. ’’Kondisi tersebut menguntungkan kesehatan tubuh, karena jantungnya bisa bekerja maksimal,’’ tambahnya.

Sementara itu, dilansir dari Heart MD Institute, penderita penyakit jantung malah dianjurkan untuk mengonsumsi kopi. Anggapan mengenai penderita masalah jantung tidak boleh minum kopi pun langsung terbantahkan. Berdasar penelitian, ternyata tidak ada hubungan antara minum kopi dan risiko jangka panjang terhadap perkembangan penyakit jantung.

Pada studi yang sama, ditemukan juga fakta bahwa konsumsi kopi sekali dalam sehari mengurangi risiko penyakit jantung pada perempuan. Kemudian, pada penelitian konsumsi 3-5 cangkir per hari, itu bisa mengurangi risiko penyakit tidak menular lainnya.

Tentu saja, temuan ini akan menghilangkan kekhawatiran masyarakat yang menyatakan bahwa kopi memiliki efek negatif, sama halnya dengan merokok atau konsumsi alkohol jumlah banyak. Perlu ditekankan, konsumsi kopi yang tepat berdampak baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi, tetap pada aturan dan tetap mengenali kondisi tubuh. Jangan terlalu ambisius dengan kopi jika memang tubuh sudah menunjukan tanda-tanda intoleran kafein, seperti rasa cemas berkelanjutan, jantung berdetak kencang, atau sulit tidur yang susah diatasi.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...