Mitos atau Fakta?

Minum Air Kelapa Dapat Memperlancar Haid

FOTO | ISTIMEWAKelapa Muda
A A A

BANYAK wanita merasa enggan atau ragu minum air kelapa saat haid karena ditakutkan bisa memicu keputihan. Mitos lainnya mengatakan bahwa meminumnya saat haid justru membuat aliran darah makin deras. Benarkah begitu?

Sejatinya, minum air kelapa tidak berhubungan dengan penyebab darah haid deras. Volume darah menstruasi yang berlebihan pada umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon sehingga lapisan dinding rahim berkembang lebih tebal dan aliran darah menstruasi lebih deras dari biasanya.

Meski pada beberapa kasus, darah mens yang berlebihan (menorrhagia) bisa menandakan kondisi kesehatan yang lebih serius, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi ke dokter.

Keputihan juga tidak disebabkan karena minum air kelapa saat haid. Keputihan sebenarnya adalah hal normal yang terjadi pada semua wanita, tanpa harus dipicu oleh apapun.

Cairan keputihan diproduksi secara alami dan otomatis oleh tubuh untuk membantu membersihkan vagina agar tetap bersih, serta melumasi dan melindungi vagina dari infeksi dan iritasi. Jika cairan keputihan Anda putih bersih dan tidak berbau busuk, amis, atau anyir, maka tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Sejauh ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa minum air kelapa bermanfaat untuk memperlancar haid apalagi memicu keputihan atau lendir pada darah. Minum air kelapa saat haid justru banyak manfaatnya bagi tubuh Anda.

Manfaat yang bisa didapat dari minum air kelapa saat haid
Air kelapa merupakan minuman sehat tinggi elektrolit yang rendah kalori dan gula. Hebatnya lagi, air kelapa juga bebas lemak dan kolesterol. Kadar kalium tinggi dalam air kelapa juga dapat membantu mengatur fungsi jantung, serta menjaga fungsi otot dan pencernaan yang normal. Kadar kalium air kelapa bahkan masih lebih tinggi dibandingkan ketika Anda makan empat buah pisang.

Selain itu, air kelapa juga banyak mengandung vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dalam air kelapa, yaitu vitamin B kompleks (termasuk riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin, dan folat) serta vitamin C.

Sementara itu, kandungan mineral dalam air kelapa antara lain kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng. Kandungan mineral dalam air kelapa lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk.

Berbagai nutrisi yang ada di dalam air kelapa ini menjadikannya minuman yang sangat baik untuk dikonsumsi selama haid, karena bisa membantu meringankan gejala PMS dan nyeri haid yang seringkali menghampiri.

Wanita yang sedang haid rentan mengalami dehidrasi dan anemia karena kehilangan banyak cairan tubuh. Akibatnya, gejala nyeri haid seperti sakit kepala dan kram perut bisa makin merajalela. Nah, di sinilah Anda bisa meraup manfaat minum air kelapa saat haid.

Sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan di Medicine & Science in Sports & Exercise menunjukkan bahwa air kelapa mampu mengisi kembali cairan tubuh yang hilang ketika diminum dalam porsi yang cukup banyak.

Air kelapa adalah obat diare dan sembelit yang baik
Kandungan eletrolit tinggi dalam air kelapa juga sekaligus membantu meringankan gejala diare atau sembelit yang sering menyerang beberapa wanita selama masa menstruasinya. Bahkan, air kelapa lebih direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pengobatan diare daripada cairan oralit pasaran.

Setelah mengetahui faktanya, Anda sudah tidak takut lagi untuk minum air kelapa saat haid, kan?

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...