Bupati Aceh Besar

Minta Pengembangan Pasar Induk Lambaro di Percepat

FOTO | ISTIMEWABupati dan Wakil Bupati
A A A

Jadi harus ada rencana induknya atau masterplan sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan pengembangan pasar terlaksana secara efektif,

Ir. Mawardi Ali Bupati Aceh Besar

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali meminta masterplan review pasar Induk Lambaro Kecamatan Ingin Jaya dapat segera diselesaikan agar pengembangan pembangunan sarana dan prasarana pasar terlaksana secara terencana serta terstruktur. "Jadi harus ada rencana induknya atau masterplan sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan pengembangan pasar terlaksana secara efektif," kata Mawardi Ali saat memimpin rapat pembenahan dan pengembangan pasar di Kantor Pasar Induk Lambaro bersama istansi terkait, Rabu (19/7/2017).

Turut hadir dalam pertemuan itu, Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar, Taufiq SH, Plt Kadis PU dan Penataan Ruang, Nazarul Khairi ST MT, Kabag Humas dan Protokol, Muhammad Basir SSTP MSi, Kepala UPTD Pasar serta Muspika Ingin Jaya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mawardi menginstruksikan agar pelayanan pasar induk harus terpadu dan dalam pengembangannya tidak menyianyiakan anggaran. Untuk itu, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan serta instansi terkaitlainnya harus selalu memantau dan mengawasi pelaksanaan pembangunan pengembangan pasar terutama sanitasi dan lahan penampungan sampah pasar. "Pembangunan itu tentunya harus bermanfaat bagi para pedagang dan masyarakat,"katanya.

Selain itu, pasar Induk Lambaro sebagai satu-satunya pasar terbesar di Aceh dalam pengembangan harus ada lahan bongkar muat barang dan hasil bumi dari berbagai daerah yang nantinya didistribusi keberbagai pasar yang ada di Aceh Besar maupun Kota Banda Aceh. Juga memiliki jalan lintas keluar masuk sehingga keluhan masyarakat terhadap lahan parkir, pengelolaan sampah, sanitasi dan jalan menuju pasar induk harus tertata dengan rapi disertai tata kelola yang baik. "Semua ini demi kenyamanan para pedagang dan pembeli atapun pengunjung pasar dalam melakukan transaksi," pungkas Mawardi Ali.

Sebelumnya Bupati Mawardi Ali bersama rombongan saat meninjau pasar induk dan bertemu dengan sejumlah pedagang, dimana mereka sangat mengharapkan pemerintah daerah agar pasar induk dapat dikelola dengan baik, sehingga kesan jorok dan keluhan sampah yang menimbulkan bau itu bisa diatasi. "Tahun ini Insya Allah dengan anggaran yang ada, pemerintah akan melakukan perbaikan. Bahkan hari ini kita lihat pembangunan sanitasi dan saluran sedang dilakukan," ujar mantan Anggota DPRA dari PAN.

Sementara itu, Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar Taufiq SH mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penataan dan perbaikan berbagai fasilitas pasar induk dan pasar-pasar lainnya yang ada di Aceh Besar. “Untuk penataan pasar khususnya Pasar Induk Lambaro, dan langkah ini segera dilakukan pihaknya apalagi Pak Bupati mengintruksikan pembenahan semua pasar di Aceh Besar,” kata Taufiq.

Penulis:Mariadi
Editor:AK Jailani
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...