Terjun ke Dunia Politik

Mila Rosa Perjuangkan Hak Musisi

FOTO | ISTIMEWAMila Rosa
A A A

JAKARTA - Penyanyi dangdut Mila Rosa menjadi bakal calon legislatif DPR RI di Pileg 2019. Mencalonkan diri dari Partai Perindo daerah Jawa Barat IV, tampaknya Mila Rosa punya perhatian terhadap publik, khususnya pada dunia musisi Tanah Air.

Mengingat, ia paham betul bagaimana sulitnya mendapat kepastian hukum soal musisi. Terlebih dari segi royalty dan seorang performers, dimana pendapatannya belum jelas untuk semua kalangan musisi.

“Trigernya, saya di sini punya kemampuan dalam hal yang berhubungan dengan oraganisasi yang saya urus. LMK (Lembaga Manajemen Kolektif) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Indonesia. Saya, makanya terjun didunia politik intinya gini, sebagian royalty, performers itu belum jelas,” kata Mila Rosa kepada Okezone belum lama ini.

Ia pun menambahkan sekaligus mencontohkan, bahwa sebagai seorang musisi seharusnya mendapat sebuah kejelasan hukum. Bagaimana tidak, banyak aduan-aduan musisi yang mengeluhkan kepadanya soal royalty hingga hak yang harus dibayarkan tapi tidak terpenuhi.

“Seperti contohnya gini, masa tuanya gimana, kalau PNS kan ada pensiun, ada dana kesehatan BPJS, kalau saya kan tidak ada. Yang kedua masalah sertifikasi profesi Indonesia, banyak sekali aduan-aduan dari musisi, konotasi bukan berbicara pada artis terkenal ya. Tapi kaya penyanyi musik seperti kafe, pemain musik hotel yang ingin main dikapal pesiar atau luar negeri, itu mereka tidak bisa masuk karena tidak punya bakat kompetensi,” ceritanya.

Oleh karenanya dengan hal tersebut menjadi alasan terkuatnya untuk terlibat langsung dalam dunia politik. Mengingat itu semua sangat penting untuk menaikan derajat musisi.

“Nah hal itu kan harus di akomodir, harus ada peraturan dan perundang-undangannya, keputusan menteri, perpu nya. Ibarat kata hal tersebut menjadi kuat. Atas dasar itu saya sedikit banyak paham. Makanya ingin ikut serta dalam pembuatan undang-undang atau perpu tersebut. Sampai saat ini kan belum ada, sekrang bebas-bebas aja, usher mau bayar royalty oke, enggak bayar juga enggak apa-apa. Ada aturan dan sanksinya sebagainya,” lanjutnya.

Sementara itu keputusannya mengambil langkah terjun ke dalam dunia politik, rupanya didukung pihak keluarga. Bahkan dukungan penuh dari keluarga telah dikantongi sang pelantun ‘Cinta Kura Kura’ ini.

“Wah, pasti mendukung 100 persen,” tandasnya.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Infotainment

Komentar

Loading...