Ini Rahasianya,

Memilih Daging Merah yang Sehat Bebas Kolesterol

FOTO | ISTIMEWACara memilih daging merah yang sehat bebas kolesterol
A A A
Jangan yang banyak uratnya. Itu bisa terlihat saat memilih. Lemaknya kan kasat mata, warnanya putih dibanding daging merah. Sebelum dimasak, sisihkan lagi lemaknya,

MEMILIH nutrisi untuk diri sendiri dan keluarga cukup mudah. Anda bisa menemukannya dalam berbagai bahan makanan yang terbuat dari daging, baik daging putih maupun daging merah.

Meski daging putih lebih diminati masyarakat, namun daging merah tak kalah pentingnya untuk tubuh. Daging merah yang umumnya adalah daging sapi dan sapi kambing memang masih menjadi momok bagi sebagian orang. Ancaman akan kolesterol membuat mereka menghindari daging ini.

Namun, Anda bisa menghindari zat-zat jahat dalam daging merah jika tahu cara memilih dan memasaknya dengan benar. Lantas, bagaimana caranya? Ahli gizi Leona Victoria mengatakan, pilihlah daging merah yang tak banyak urat dan lemaknya.

"Jangan yang banyak uratnya. Itu bisa terlihat saat memilih. Lemaknya kan kasat mata, warnanya putih dibanding daging merah. Sebelum dimasak, sisihkan lagi lemaknya," jelas Leona saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan baru-baru ini.

Lemak berwarna putih yang menempel di daging merah saat kondisi mentah menurut Leona adalah lemak jenuh. Untuk mengurangi risikonya, maka Anda harus benar-benar menyisihkannya sebelum memasak.

Kemudian saat memasak, Anda perlu memperhatikan bahan campuran lainnya dalam masakan. Jangan tambahkan terlalu banyak bahan-bahan yang mengandung lemak, seperti santan.

Lalu bagaimana dengan daging merah yang dijadikan rendang? Leona mengatakan, Anda bisa mengkonsumsinya selama porsinya sesuai dengan kebutuhan alias tak berlebihan.

"Jadi semua kembali ke porsi makan. Rendang tidak apa-apa, tapi porsinya jangan banyak-banyak," ujarnya.

Hal yang membuat bahaya adalah ketika Anda terlaku banyak mengkonsumsi daging yang dimasak dengan bahan mengandung lemak. Kemudian Anda menambahkan minuman manis sebagai pendampingnya.

"Makannya jangan berlebihan. Biasanya makan rendang, ada ayam goreng, dan lain-lain. Jadi berlebih. Masaknya berlebihan, kemudian minumnya gula," pungkas Leona.

Makannya jangan berlebihan. Biasanya makan rendang, ada ayam goreng, dan lain-lain. Jadi berlebih. Masaknya berlebihan, kemudian minumnya gula,
Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...