Polemik Susu Kental Manis

Memicu Pro dan Kontra di Masyarakat

finecookingIlustrasi susu kental manis
A A A

BEBERAPA waktu belakangan ini, publik dihebohkan dengan polemik mengenai susu kental manis (SKM). Ada cukup banyak pro kontra tentang SKM.

Ada yang beranggapan mengonsumsi SKM sama saja dengan susu biasa. Ada yang berpendapat bahwa SKM bukanlah susu. Lalu apa sebenarnya itu SKM?

Agar tidak penasaran, ada banyak fakta-fakta mengenai SKM yang berhasil dihimpun Okezone. Simak ulasannya lebih lanjut sebagai berikut.

Jenis susu bervariasi
Ada berbagai jenis susu, mulai dari susu cair segar, susu cair kemasan, susu bubuk dan SKM. Semua produk memang sama-sama merupakan sumber protein, namun jumlah kandungan gizinya berbeda-beda.

Kandungan gizi SKM tidak setinggi susu lainnya
Susu kental manis hanya mengandung 1 gram protein di dalamnya. Jika dibandingkan dengan susu segar, kandungan protein susu kental manis lebih rendah. Karenanya, susu segar memiliki 19 gram protein. Kandungan kalium pada susu segar mencapai 380 mg. Adapun kandungan sodiumnya mencapai 130 mg.

Sedangkan pada SKM, kandungan kaliumnya hanya sekitar 190 mg. Sedangkan kandungan sodiumnya sekitar 35 mg. Begitu juga jika dibandingkan dengan susu bubuk. Kandungan gizi susu bubuk lebih tinggi dari susu kental manis.

SKM tinggi gula
Dibandingkan dengan berbagai jenis susu lainnya, SKM memiliki kandungan gula paling banyak. Kandungan gula dalam SKM mencapai 19 gram. Adapun susu segar tidak memiliki kandungan gula.

SKM lebih cocok untuk pelengkap makanan dan minuman
Tingginya kandungan gula inilah yang kerap membuat SKM dianggap tidak tepat untuk dikonsumsi sebagai pengganti pemenuhan gizi bagi anak.

Para pakar kesehatan tidak menganjurkan SKM sebagai minuman yang rutin dikonsumsi harian. Konsumsi SKm sebagai minuman rutin setiap hari dinilai bakal menimbulkan masalah kesehatan seperti obesitas dan masalah gigi.

SKM dianjurkan lebih cocok untuk pelengkap sajian makanan dan minuman seperti kue, roti, puding, teh, dan kopi.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...