Benarkah?

Memasak dengan Minyak Kedelai Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Foto: ShutterstockIlustrasi minyak kedelai
A A A

BAGI Anda yang suka memasak dengan minyak kedelai harus mengurangi kebiasaan itu. Sebab, minyak ini ternyata dapat memicu penyakit jantung jika dikonsumsi berlebihan lho.

Selama ini mungkin Anda hanya tahu bahwa minyak sawit atau dikenal minyak goreng bisa menyebabkan risiko penyakit jantung meningkat. Terlebih kalau Anda kerap menggoreng makanan dengan minyak goreng yang sama berkali-kali.

Hal ini juga rupanya berlaku bagi seseorang yang sering memasak dengan minyak kedelai. Jika berlebihan, Anda mudah mengalami serangan jantung mendadak yang sangat mengkhawatirkan.

Adapun gejalanya meliputi nyeri dada, batuk, dan sesak napas. Serangan jantung umumnya disebabkan oleh kurangnya darah yang mencapai jantung. Tanpa darah yang cukup, jantung dapat menjadi rusak berat dan dapat mengancam jiwa.

Terlebih, Anda juga berisiko mengidap penyakit jantung koroner yang mematikan atau jenis penyakit jantung lainnya. Jika seseorang mengalami gejala penyakit jantung koroner, kondisinya dapat menyumbat suplai darah ke jantung. Hal ini bisa Anda cegah dengan menjaga pola makan, terlebih mengurangi masak dengan minyak kedelai.

Ahli Gizi Dr Josh Axe menyebutkan, minyak kedelai jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan peradangan jantung. Penyakit ini sangat buruk bagi Anda, yang tentu mengganggu kualitas hidup.

"Minyak kedelai jangan terlalu sering dikonsumsi, sebab dapat mengurangi peradangan, yang menjadi akar sebagian besar penyakit," ujar Dr Axe, dilansir Express, Selasa (15/5/2018).

Minyak kedelai mengandung asam lemak omega-6, yang dapat berkontribusi pada peradangan. Hal ini jelas sangat merugikan kesehatan Anda, karena memicu penyakit lainnya pula.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat yang justru melawan peradangan. Nah, makanan tersebut antara lain minyak jagung, buah-buahan, sayuran, kunyit, kacang-kacangan, ikan, dan minum anggur merah dalam jumlah sedang. Terlebih, Anda juga dapat memilih minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak jagung, serta berbagai pilihan minyak sehat lainnya untuk melezatkan masakan.

Selain mengonsumsi makanan sehat tersebut, jika ingin menurunkan risiko penyakit jantung, Anda bisa menghindari kebiasaan minum alkohol dan merokok. Dua kebiasaan ini bisa menimbulkan dampak yang paling buruk bagi kesehatan.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...