Meksiko Tak Sudi Bayar Pembangunan Tembok Perbatasan dengan AS

FOTO | ISTIMEWAPresiden Meksiko Enrique Pena Nieto menegaskan, negaranya tidak sudi untuk membayar pembangunan tembok perbatasan antara Meksiko dan Amerika Serikat
A A A

MEXICO CITY - Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto menegaskan, negaranya tidak sudi untuk membayar pembangunan tembok perbatasan antara Meksiko dan Amerika Serikat (AS). Pembangunan tembok itu adalah ide dari Presiden terpilih AS, Donald Trump.

Nieto menyatakan, pihaknya selalu siap untuk membahas masalah perbatasan dengan AS, khususnya mengenai pengawasan dan keamanan di wilayah tersebut. Namun, Meksiko tidak akan pernah mau jika diminta untuk membayar pembangunan tembok perbatasan.

"Meksiko siap untuk bernegosiasi masalah perdagangan dan migrasi dengan Washington dan terbuka untuk membahas masalah keamanan di perbatasan, tetapi tidak akan membayar untuk pembangunan tembok," ucap Nieto, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (12/1).

Kemarin, Trump mengaku akan mulai melakukan pembahasan mengenai masalah perbatasan dengan Meksiko, tidak lama setelah dia resmi menjabat sebagai Presiden AS. Trump akan resmi menjadi Presiden AS pada tanggal 20 Januari mendatang.

Trump telah berulangkali mengatakan akan membangun dinding di sepanjang perbatasan AS-Meksiko jika ia terpilih sebagai presiden. Langkah ini dilakukan untuk menghentikan arus imigran gelap dari Meksiko yang menyeberang ke AS.

Komentar

Loading...