Gempa Aceh Cukup Keras,

Masyarakat Berhamburan ke Luar Rumah

FOTO | ILUSTRASIIlustrasi
A A A

BPBD Gayo Luwes masih melakukan pendataan. Jika mengacu pada peta gempa dirasakan diperkirakan gempa tidak memberikan dampak merusak secara signifikan,

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

GAYO - Aceh diguncang gempa cukup keras berkekuatan 5 skala Richter. Akibatnya, masyarakat panik dan berlari ke luar rumah.

"Sebagian masyarakat Gayo Luwes sempat panik dan berhamburan ke luar rumah. Guncangan dirasakan keras karena pusat gempa di darat dan dangkal," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan yang diterima detikcom, Senin (29/5/2017).

Menurut Sutopo, beberapa daerah di Provinsi Aceh merasakan kekuatan gempa. Hal itu bisa dilihat dari peta gempa.

"Berdasarkan peta gempa, dirasakan di Gayo Leus II-III MMI, Bener Meriah II-III MMI, dan Bireun II-III MMI," ujar Sutopo.

Belum ada laporan terkait dengan dampak gempa. Namun gempa diperkirakan tidak menimbulkan kerusakan yang signifikan.

"BPBD Gayo Luwes masih melakukan pendataan. Jika mengacu pada peta gempa dirasakan diperkirakan gempa tidak memberikan dampak merusak secara signifikan," kata Sutopo.

Provinsi Aceh diguncang gempa pagi ini, pukul 04.54 WIB. Lokasi gempa terjadi di Provinsi Aceh, 27 km barat laut Gayo Luwes, 44 km Aceh Barat Daya, dan 53 km tenggara Aceh Tengah.

"Gempa tidak berpotensi tsunami," ucap Sutopo.

Kode:47
Sumber:news.detik.com
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...