Sebanyak 2.303 calon pengantin di Aceh melaksanakan akad nikah sepanjang April-Mei 2020. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariat Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Hamdan MA. Menurut Hamdan, di tengah masa darurat Covid-19 dan pembatasan larangan akad nikah di luar KUA sejak April-Mei, tercatat 3096 pendaftaran nikah di KUA ----- Memasuki hari ke enam lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, puluhan pekerja bangunan dari Sumatera Utara mulai tiba di Kabupaten Bener Meriah. Hal itu disampaikan Ketua Tim Publik Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bener Meriah Zulkifli Burhanuddin saat dikonfirmasi awak media via seluler, Senin (1/6/2020) ----- Aksi pengerusakan Kantor Reje (Kepala) Kampung di Kecamatan Bukit kembali terulang, dimana sebelumnya dua kantor Reja Kampung di Kecamatan Bukit yakni Kampung Blang Tampu dan Blang Panas diobarak abrik masyarakat disana. Peristiwa itu juga dialami Kantor Reje Kampung Kute Kering Kecamatan Bukit, warga yang didominasi kaum ibu-ibu mengamuk dan memecahkan kaca jendela baigain depan, Senin (1/6/2020)

Periode 2019-2024

Marsono Nahkodai AGPAII Bener Meriah

SAMSUDINDewan Pengurus Daerah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (DPD AGPAII) Kabupaten Bener Meriah priode 2019-2024 terbentuk
A A A

BENER MERIAH – Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (DPD AGPAII) Kabupaten Bener Meriah priode 2019-2024 terbentuk, Marosono Guru Agama dari SMA I Syiah Utama bersama beberapa guru agama lainnya dilantik oleh Ketua AGPAII Provinsi Aceh Ahlul Fikri S Ag M Ag. Rabu (11/3/2020) di aula Setdakab setempat.

Pelantikan pengurus DPD AGPAII Kabupaten Bener Meriah oleh Ketua AGPAII Aceh Ahlul Fikri, turut dihadiri Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi, Kapolres Bener Meriah AKBP Siswoyo Adi Wijaya, Wakil II DPRK Bener Meriah Anwar, Ketua Komisi D DPRK Bener Meriah Sapri Gumara, Parksi Golkar Darwinsah, Ketua MPU Bener Meriah Tgk Almuzani dan disaksikan ratusan guru Agama mulai dari sekolah tingkat SD samapai SMA sederajat.

Dalam arahananya Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi menyampaikan, mewakili seluruh jajaran pemerintah daerah mengucapkan selamat atas terbentuknya dan dilantiknya DPD AGPAII Kabupaten Bener Meriah masa bakti 2019-2024.

“Jabatan ini merupakan amanah, jadi pengurua AGPAII Bener Meriah harus mampu mengemban tugas ini dan mampu meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam menjadi lebih baik lagi,"tutur Sarkawi.

Menurut Sarkawi, AGPAII merupakan organisasi profesi guru seperti halnya PGRI, berbadan hukum dan mendapat pengakuan pemerintah, kiranya AGPAII sebagai organisasi yang berfungsi sebagai wadah bagi para guru PAI, baik guru PAI di madrasah maupun guru PAI di sekolah, harus menjadi organisasi yang memperkokoh organisasi profesi yang sudah ada seperti PGRI, serta Kelompok Kerja Guru.

Dikatakan Sarkawi, sebagai wadah aspirasi, tempat edukasi sekaligus wahana yang mengapresiasi, kehadiran AGPAII di Bener Meriah tentunya makin merekat ukhuwah dan forum silaturahmi antara satu sama lain.

"Sesuai visi, ingin mewujudkan masyarakat Bener Meriah yang harmoni, maju dan sejahtera, dengan misi mewujudkan pendidikan berdaya saing maka kita sama-sama harus memajukan daerah kita ini diatas nilai-nilai religius dan budaya serta kearifan lokal,"pinta orang nomor satu di negeri penghasil kopi arabika gayo.

Ia juga berharap, ekstensi AGPAII dapat dipelihara dalam rangka membangun sember daya manusia berkualitas khusnya pendidikan Agama islam, serta menjadi suplemen untuk membangun SDM berkualitas di Bener Meriah.

Sementara itu dalam sambutanya Ketua DPD AGPAII Bener Meriah Marsono menyampaikan, AGPAII yang berfungsi sebagai wadah silaturahmi antar instansi, wadah komunikasi dan advokasi memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah dalam hal pengambilan keputusan menyangkut pembinaan GPAI serta peningkatan kualitas pendidikan agama islam, baik di sekolah, masyarakat dan maupun rumah tangga.

Guru agama dari sekolah SMA I Syiah Utama itu menambahkan, dengan dilantiknya pengurus DPD AGPAII akan memperkuat organisasi dengan database yang valid, serta membangun sinergi dengan pemerintah daerah, kemenag, dan disdik serta organisasi lainnya jadikan mitra mewujudkan pendidikan di daerah berhawa sejuk itu yang bermutu dan berdaya saing.

Menurutnya, AGPAII akan besar bila seluruh pengurus bersinergi dan siap berjuang untuk kemaslahatan GPAI dan pengembangan PAI yang lebih baik dan bermutu.

Marsono meminta kepada pemerintah daerah, agar memberikan perhatian terhadap PAI dengan memperbayak pelatihan yang berbasis peningkatan profesionalisme.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...