Dalam Rangka Kemanusiaan

Mantan Panglima Tentara Kerajaan Malaysia Kunjungi Sabang

Foto | Jalaluddin ZkyMantan Panglima Tentara Kerajaan Malaysia Jendral Tanri Azumi.
A A A

SABANG - Pada hari Rabu (16/05/18) Kapal kemanusiaan yang beranggota 13 awak dan salah satunya mantan Panglima Tentara Kerajaan Malaysia Jenderal Tanri Azumi berkunjung ke Sabang.

Kehadiran Mantan Panglima Tentara Kerajaan Malaysia tersebut dalam rangka misi kemanusiaan khususnya, penyelamatan manusia perahu yang lari dari berbagai negara.

Jenderal Tanri Azumi kepada media ini mengatakan Kapal penyelamatan kemanusiaan merupakan milik organisasi kemanusiaan Stasiun Bantuan Migran Lepas Pantai (MOAS) Sebelumnya telah melakukan pelayaran selama 15 bulan.

Untuk membantu manusia perahu atau imigran yang lari dari berbagai negara yang umumnya mereka bertujuan ke Australia.

Kapal MOAS kata dia, beranggota 12 orang mereka semua merupakan Petugas Organisasi Kemanusiaan untuk membantu imigran baik yang terdampar maupun yang terapung apung di laut termasuk yang mengalami kecelakaan laut.

Maksud dan tujuan mengerahkan Kapal penyelamat MOAS ke perairan Asia Tenggara untuk membantu imigran yang lari dari berbagai negara yang sedang berkecamuk perang seperti Libya, Myanmar, dan negara yang sedang terjadi peperangan lainnya.

Selain itu Kapal tersebut juga menyalurkan bantuan bagi warga Rohingya yang dianggap sebagai manusia yang minoritas sangat teraniaya didunia.

Seperti konflik yang pecah di negara bagian Rakhine Myanmar tahun lalu akibatnya kelompok militan Rohingya mereka harus menerima kekejaman pihak keamanan negara tersebut, maka, ribuan warga Rohingya meninggalkan negara itu untuk menyelamatkan diri dengan menggunakan berbagai fasilitas pelayaran yang ada.

Sehingga, tidak sedikit warga Rohingya yang menjadi korban dalam perjalanan pelarian dilaut Asia Tenggara, akibat berbagai macam sebab seperti Menumpang Kapal melebihi kapasitas, cuaca ekstrem, dan juga kerusakan kapal yang mereka tumpangi itu sendiri.

Kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Aceh dalam hal ini Petugas Keamanan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) Lanal Sabang yang telah menerima kehadiran kami dalam rangka tugas kemanusiaan ini., ucap Tanri Azumi.

Penulis:Jalaluddin Z.Ky
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...