Ferguson:

Manchester United Cerminan Jose Mourinho

FOTO | ISTIMEWAJose Mourinho - Alex Ferguson
A A A

MANCHESTER - Sir Alex Ferguson menilai Manchester United mulai menunjukkan perkembangan positif di bawah asuhan Jose Mourinho. Menurut Ferguson, hal itu terjadi seiring perbaikan sikap yang ditunjukkan manajer asal Portugal tersebut.

"Menurut saya, dia (Jose Mourinho) menjalankan tugasnya dengan baik. Tanpa beberapa hasil imbang itu, mereka (Manchester United) akan bersaing ketat dengan Chelsea," ujar Sir Alex Ferguson.

Jose Mourinho menjadi manajer ketiga Manchester United setelah Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun pada 2013. Jose Mourinho menggantikan peran Louis van Gaal yang dipecat, meski sebenarnya mampu mempersembahkan trofi Piala FA pada musim 2015-2016.

Jose Mourinho mampu mengantarkan Manchester United meraih kemenangan beruntun pada tiga laga awal Premier League. Namun, setelah itu, penampilan Manchester United merosot. Dari tujuh pertandingan, Wayne Rooney dan kawan-kawan hanya mengumpulkan enam poin.

Kini, hingga pekan ke-22, Manchester United berada di peringkat keenam klasemen sementara Premier League dengan poin 41, terpaut 14 angka dari Chelsea di posisi pertama. Manchester United mencatat 11 kali kemenangan, delapan hasil imbang, dan tiga kali kalah.

"Tim bermain sangat baik dan dia (Jose Mourinho) sangat tidak beruntung. Dia meraih enam kali hasil 1-1 dalam setiap pertandingan yang seharusnya dapat dia menangi. Menurut saya, jika tidak mendapatkan hasil-hasil imbang ini, mereka akan bersaing dengan Chelsea," tutur Sir Alex Ferguson.

Terkait dengan sikap kontroversial Jose Mourinho, yang pada musim ini sudah dua kali diusir wasit dari dalam lapangan, Sir Alex Ferguson menilai manajer asal Portugal itu sudah mulai memperbaiki diri.

"Saya sedikit berbeda dari Jose dalam hal rasa hormat yang saya inginkan saat membangun klub sepak bola dan saya ingin para pemain muda menjadi bagian dari hal tersebut. Meski begitu, jika skuat utama tidak bermain baik, Anda harus menemukan solusi untuk memperbaikinya" kata Sir Alex Ferguson.

"Menurut saya, Jose telah menemukan solusi itu sekarang. Ada periode pada awla musim ketika dia terasa tidak seperti membuat keputusan tepat dan emosinya sering meledak. Namun, Anda bisa melihat sekarang, dia lebih tenang dan dapat mengontrol diri."

"Pada laga Sabtu di Stoke, mereka bermain hingga menit akhir. Mereka tidak terlihat menyerah dan akhirnya mereka mendapat hadiah dari pertandingan itu lewat gol (penyama kedudukan) yang dicetak Rooney."

"Anda lihat apa yang dia (Jose Mourinho) lakukan? Dia Berlari ke tengah lapangan, namun tidak melakukan selebrasi. Dia mengambil bola dan jika berkata mungkin seperti ini, 'Ambil, kita akan memenangi laga ini.' Hal ini jelas merupakan semangat juang yang telah Jose ciptakan."

"Ini adalah beberapa pengamatan saya mengenai Manchester United saat ini. Tim adalah cerminan dari manajernya," Sir Alex Ferguson menutup pembicaraan.

Sumber:BBC
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...