Enam Manfaat

Makan Sawo untuk Kesehatan Anda

FOTO | ISTIMEWASawo
A A A

SAWO adalah salah satu buah yang diburu banyak orang, karena rasanya enak dan memiliki berbagai nutrisi. Jumlah kandungan gizi dalam sawo tak dapat diabaikan, karena nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Beberapa senyawa dalam sawo adalah protein, lemak, kalsium, karbohidrat, fosfor, dan zat besi. Selain itu, buah ini juga dikemas dengan vitamin, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B1 dan tentu saja vitamin C. Vitamin C dalam sawo bermanfaat untuk menghindari efek buruk radikal bebas dan meningkatkan stamina.

Selain itu, sawo juga sangat kaya antioksidan polifenol, yaitu tanin. Antioksidan ini berguna untuk tubuh sebagai antiinflamasi, antiparasit, antivirus dan antibakteri.

Ada juga kandungan senyawa aktif dan protein nabati yang dapat membantu pertumbuhan proses metabolisme tubuh. Selain itu, senyawa tersebut juga akan membantu produksi enzim yang dibutuhkan tubuh.

Karenanya, sawo menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan. Berikut manfaat makan sawo untuk kesehatan Anda yang dilansir dari Healthbenefitso, Kamis (25/5/2017):

Baik untuk Kesehatan Mata
Sawo merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin A. Karenanya, rutin mengonsumsi buah ini baik dalam meningkatkan kesehatan mata.

Mengobati Wasir
Sawo memiliki tanin yang tinggi. Tanin diketahui memiliki antiparasit, antivirus dan antibakteri. Karena itu, makan sawo sangat baik untuk penderita wasir.

Mencegah Kanker Usus Besar
Nutrisi dalam sawo seperti antioksidan, serat, vitamin A dan berbagai nutrisi lainnya, sangat efektif dalam mencegah kanker usus besar. Selain itu, nutrisi tersebut juga baik dalam mencegah kanker mulut.

Tulang dan Gigi Sehat
Sawo merupakan sumber kalsium, fosfor dan zat besi yang sangat baik. Ketiga nutrisi tersebut membuat tulang dan gigi Anda tetap sehat. Tulang yang kuat akan melindungi Anda dari masalah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Mengobati Batuk
Sawo bermanfaat untuk menghilangkan dahak dan lendir di rongga hidung. Karena itu, makan sawo bisa menjadi jalan untuk mengusir batuk.

Meningkatkan Kekebalan
Vitamin C dalam sawo dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah sakit. Selain itu, sawo juga bagus untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...