Siaran Langsung, Rabu (2/5) Pukul 01.45 WIB

Madrid di Atas Angin, Muenchen Intip Peluang

FOTO | Real MadridReal Madrid vs Bayern Muenchen
A A A

MADRID – Real Madrid memang lebih diunggulkan lolos ke final setelah pada laga pertama pekan lalu, menang 2-1 di kandang Bayern Muenchen. Namun hasil ini tentunya belum menjamin pasukan Zinedine Zidane melaju ke partai pamungkas.

Mereka masih harus menjalani pertandingan semifinal kedua di Stadion Santiago Bernabe, Selasa (1/5) atau Rabu dini hari WIB. Los Merengues dalam posisi di atas angin setelah kemenangan di Muenchen. Sergio Ramos dan kawan-kawan hanya butuh hasil imbang. Kalah 0-1 pun mereka tetap melaju untuk tampil di Stadion Olimpiyskiy, Kyiv.

Namun masih banyak kemungkinan bisa terjadi. Melihat kekuatan mereka, Bayern tetap memiliki peluang membalikkan keadaan. Dua gol tanpa balas, itulah yang harus dicapai Muenchen untuk bisa menyisihkan Madrid. Dan, itu bukan hal yang tak mungkin diwujudkan.

Zidane sendiri memastikan tuan rumah tak mengubah gaya permainan mereka. Meski hanya butuh hasil imbang, pelatih asal Prancis itu menegaskan timnya akan tetap mengusung permainan menyerang.

“Ini semifinal. Kami tahu betapa pentingnya ini dan apa yang harus kami lakukan. Kami tak perlu mengubah yang biasa kami lakukan,” ungkap Zidane yang tengah berupaya membawa timnya menjuarai Liga Champions tiga tahun beruntun.

“Dalam pertandingan ini kami harus tunjukkan kami layak dan ingin lolos. Hal yang ingin saya katakan kepada Anda adalah apapun yang terjadi, kami ini satu skuat, sebuah tim, dan bisa melakukan segalanya,” papar Zidane.

“Faktor kunci bagi kami dan yang harus kami lakukan adalah berpikir untuk memenangkan pertandingan dan turun ke lapangan dengan keinginan mewujudkannya. Kami harus tampil dan mencetak gol dengan cepat dan itulah yang akan coba kami lakukan,” kata pelatih yang menggantikan Rafael Benitez ini.

Di kubu Real Marid, Dani Carvajal dipastikan absen dalam semifinal kedua ini setelah dihantam cedera pada pertemuan pertama.
Nacho sudah kembali berlatih awal pekan ini namun dia sudah absen sebulan dan tak mungkin dalam kondisi 100 persen.

Dengan terbatasnya stok bek kanan, Lucas Vazquez kemungkinan akan kembali menempati posisi ini seperti yang dilakukannya pada laga pertama setelah Carvajal ditarik keluar.

Cristiano Ronaldo dan Sergio Ramos sengaja diistirahatkan dalam laga melawan Leganes akhir pekan lalu. Raphael Varane mengalami cedera ringan namun akan pulih dan bakal mendampingi Ramos menjaga jantung pertahanan.

Karim Benzema dan Gareth Bale duduk di bangku cadangan pada leg pertama. Namun di Santiago Bernabeu nanti, salah satu dari mereka mungkin akan menjadi starter. Meski performa Benzema akhir-akhir ini tak memuaskan, Zidane sepertinya akan tetap menunjuk striker asal Prancis itu untuk mendampingi Ronaldo menjadi andalan di lini depan.

Kondisi Isco tidak 100 persen dan membuatnya diragukan bisa tampil. Posisinya bakal digantikan Marcos Asensio, pencetak gol yang membawa Madrid meraih kemenangan di Allianz Arena, pekan lalu.

Pelatih Bayern Muenchen, Jupp Heynckes, tak mungkin menurunkan Jerome Boateng dan Arjen Robben. Pemain asal Jerman dan Belanda ini harus absen lantaran cedera yang didapat mereka pada pertemuan pertama di Allianz Arena, pekan lalu.

Niklas Sule kemungkinan akan menggantikan Boateng sebagai bek tengah. Dia akan berduet dengan Mats Hummels menjaga jantung lini belakang. Absennya Robben, kemungkinan akan membuat Thiago Alcantara dipercaya menjadi starter.

Cedera membuat Kingsley Coman, Manuel Neuer, dan Arturo Vidal masih belum bisa memperkuat tim yang telah memastikan gelar juara Bundesliga ini. David Alaba termasuk dalam anggota skuat yang dibawa ke Madrid. Pemain Timnas Austria ini kemungkinan besar bakal mengisi posisi bek kiri yang pada laga pertama diisi Rafinha.

Jupp Heynckes menurunkan banyak pemain lapis kedua ketika menghantam Eintracht Frankfurt 4-1 akhir pekan lalu. Dia menyimpan para pemain utama agar benar-benar bugar dalam partai vital di Madrid.

Setelah tertinggal pada pertandingan pertama, tak ada hal lain yang harus dilakukan Muenchen kecuali menyerang sejak kick-off. Mereka juga tak boleh membuat kesalahan. Kebobolan sekali saja, akan membuat tugas mereka kian berat.

“Saya akan mencoba mengurangi kesalahan. Kami akan coba menyerang. Itulah DNA Bayern: kami selalu mencoba untuk mencetak gol,” kata Heynckes yang sukses membawa Muenchen menjadi juara Liga Champions pada 2013 lalu.

“Kami harus mencoba untuk lebih efisien dibanding saat laga pertama dan kami harus harus memankan peluang yang kami dapatkan seperti yang mereka lakukan,” papar Heynckes yang juga pernah menangani Real Madrid ini.

“Madrid tahu pemainan ini selama bertahun-tahun dan mereka dituntut menunjukkan performa yang sangat bagus. Detail kecil akan sangat menentukan. Selama 93 menit para pemain harus bermain intens,” papar Heynckes.

Selain berbekal keunggulan di kandang lawan, secara statitistik Madrid juga difavoritkan bisa mengatasi Muenchen kali ini. Dalam empat pertemuan beruntun sebelumnya, raksasa Spanyol ini selalu mampu menundukkan klub juara lima kali Liga Champions tersebut.

Perkiraan Susunan Pemain
Real Madrid (4-3-3)
K: Keylor Navas
B: Lucas Vazquez, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo
T: Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos
D: Marco Asensio, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo
Pelatih: Zinedine Zidane

Bayern Muenchen (4-3-3)
K: Sven Ulreich
B: Joshua Kimmich, Nicklas Sule, Mats Hummels, David Alaba
T: Thiago Alcantara, Javi Martinez, James Rodriguez
D: Thomas Mueller, Robert Lewandowski, Franck Ribery

Tujuh Pertandingan Terakhir Bayern Muenchen
07/04/18 Bundesliga Augsburg 1-4 Bayern Muenchen
12/04/18 Liga Champions Bayern Muenchen 0-0 Sevilla
14/04/18 Bundesliga Bayern Muenchen 5-1 Borussia M'gladbach
18/04/18 Piala Jerman Bayer Leverkusen 2-6 Bayern Muenchen
21/04/18 Bundesliga Hannover 96 0-3 Bayern Muenchen
26/04/18 Liga Champions Bayern Muenchen 1-2 Real Madrid
28/04/18 Bundesliga Bayern Muenchen 4-1 Eintracht Frankfurt

Tujuh Pertandingan Terakhir Real Madrid
04/04/18 Liga Champions Juventus 0-3 Real Madrid
08/04/18 La Liga Real Madrid 1-1 Atletico Madrid
12/04/18 Liga Champions Real Madrid 1-3 Juventus
16/04/18 La Liga Malaga 1-2 Real Madrid
19/04/18 La Liga Real Madrid 1-1 Athletic Club
26/04/18 Liga Champions Bayern Muenchen 1-2 Real Madrid
28/04/18 La Liga Real Madrid 2-1 Leganes

Head to Head
25/04/08 Liga Champions Bayern Muenchen 1-2 Real Madrid
19/04/17 Liga Champions Real Madrid E 4-2 Bayern Muenchen
13/04/17 Liga Champions Bayern Muenchen 1-2 Real Madrid
04/08/16 Uji Coba Bayern Muenchen 0-1 Real Madrid
06/08/15 Audi Cup Bayern Muenchen 1-0 Real Madrid
30/04/14 Liga Champions Bayern Muenchen 0-4 Real Madrid
26/04/14 Liga Champions Real Madrid 1-0 Bayern Muenchen

Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...