MAA Aceh Timur Gelar Pelatihan Seumapa

Foto | Bagian Humas Aceh TimurAsisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, Safrizal, SH, M.AP foto bersama usai memberikan sambutan sekaligus membuka Pelatihan Seumpa (Berbalas Pantun) di Aula Kantor Camat Idi, Senin 5 Desember 2016.
A A A

IDI – Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Timur, menggelar pelatihan Seumapa yang diadakan di Aula Kantor Camat Idi Rayeuk, Senin 5 Desember 2016. Acara tersebut dibuka langsung oleh Plt Bupati Aceh Timur Prof Dr. Ir. Amhar Abubakar, MS yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, Safrizal, SH, M.AP.

Safrizal dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengenalkan dan melestarikan kembali pengetahuan masyarakat tentang budaya berbalas pantun. “Seumapa (Berbalas Pantun) biasanya pada acara-acara besar seperti pada acara pesta perkawinan dan lain-lain sebagainya yang selama ini secara perlahan telah terlupakan,” ujar Safrizal.

Lebih lanjut dia menambahkan, sebagaimana yang diketahui bersama bhawa saat ini sudah banyak budaya luar yang tidak mempunyai nilai-nilai etika masuk ke Aceh sehingga secara perlahan telah menghancurkan nilai-nilai keislaman sehingga indetitas suatu daerah tidak dikenali lagi.

“Dengan hilangnya adat istiadat dan budaya adalah kehilangan kehormatan dan harga diri suatu Bangsa, dan diharapkan dengan adanya acara pelatihan Seumpa ini nantinya akan terciptanya kader-kader baru sebagai generasi penerus yang melestarikan adat istiadat dan budaya khususnya dikalangan pemuda-pemuda Aceh Timur,” Safrizal.

Adapun pemateri dalam pelatihan seumapa yakni, Tgk Bustami Penggurus Lembaga MAA Aceh Timur, Tgk Muhammad Yunus Ketua MAA Aceh Timur, Mediayus dan Syeh Sofyan. Pelaksanaan kegiatan ini diikuti 70 orang peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Aceh Timur. Turut hadir dalam cara tersebut yakni Ketua MAA Provinsi Aceh Tgk H. Badruzzaman Ismail, SH, M.Hum.

Sumber: Humas Pemkab Aceh Timur
Rubrik: Aceh

Komentar

Loading...