Dijamin Tokcer!

Lima Tanaman Herbal ini Cocok Buat si Kecil Demam

FOTO | ISTIMEWAKunyit
A A A

MUSIM hujan datang! Itu berarti orangtua wajib lebih perhatian pada anaknya. Tidak hanya menyoal membawakan payung atau jas hujan, tetapi juga bicara proteksi dalam dirinya.

Ya, menjaga kesehatan tubuh anak juga perlu dilakukan, karena di musim penghujan ini anak kecil biasanya rentan terserang penyakit, khususnya demam dan flu. Imun tubuh yang jelek akan sangat rentan terserang penyakit.

Makanya, diperlukan adanya proteksi tubuh si anak seperti misalnya memberikannya vitamin tubuh, mengonsumsi makanan yang sehat, dan selalu menjaga tubuh dari faktor risiko.

Tapi, kalau sudah terlanjur terserang penyakit, apa yang bisa Mums lakukan? Tenang, sebetulnya Anda tidak mesti langsung membawa si kecil ke rumah sakit ketika mengeahui si kecil suhu tubuhnya panas, apalagi masih di bawah 35 derajat selsius.

Yang bisa dilakukan adalah memberikannya pengobatan cepat seperti herbal cure. Dikutip dari beberapa referensi, ternyata ada 5 tanaman herbal yang dipercaya bisa meringankan penyakit panas si kecil. Apa saja itu dan bagaimana cara pengolahannya? Berikut Okezone paparkan pada Anda

1. Kunyit

Kunyit

Dipercaya, tanaman herbal ini memiliki kandungan minyak astari, turmeron, curcumin, serta zingiberen yang dipercaya baik untuk meredakan demam pada anak. Kandungan itu juga dipercaya sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi.

Cara pengolahannya cukup mudah, kok. Mums hanya butuh melarutkan parutan kunyit dalam ½ gelas air panas. Setelah itu tambahkan madu dan minuman herbal itu pun bisa diberikan pada si anak.

2. Bawang Merah

Bawang Merah

Tanaman herbal ini sepertinya selalu ada di dapur. Tidak hanya sebagai bumbu masak, bawang merah juga ternyata bisa menjadi obat penurun suhu tubuh anak.

Cara menggunakan bawang merah sebagai obat adalah dengan mengupas bersih 5 siung bawang merah dan parut. Setelah itu, tambahkan minyak kelapa dan baluri ramuan herbal ini di ubun-ubun si kecil atau di dada si anak.

3. Air Kelapa Muda

Air Kelapa Muda

Sudah tidak bisa dipungkiri kalau air kelapa muda itu baik untuk kesehatan tubuh. Dari manfaat mengembalikan ion tubuh sampai ternyata air kelapa bisa menurunkan demam. Nah, kalau si kecil badannya panas, disarankan Mums untuk memberikan dia banyak air kelapa agar tubuhnya kembali membaik.

4. Temulawak

Temulawak

Siapa bilang temulawak hanya untuk pembangkit nafsu makan? Faktanya, tanaman herbal ini punya manfaat baik juga untuk menurunkan panas tubuh dan baik juga untuk anak kecil. Cara penggunaannya, Anda tinggal membersihkan temulawak dan parut secara kasar. Setelah itu, tambahkan ½ gelas air panas lalu aduk sampai rata. Pisahkan antara ampas dengan air temulawak. Nah, airnya itu ditambahkan madu dan berilah ke si kecil.

5. Sambiloto

Sambiloto

Tanaman ini mungkin terdengar asing. Tapi, faktanya tanaman herbal ini mudah ditemukan. Perlu Anda ketahui, tanaman ini memiliki kandungan andrografolid lactones yaitu zat pahit yang bermanfaat menurunkan panas tubuh. Nah untuk memanfaatkan tanaman ini, Anda mesti merebus 10 gram daun sambiloto yang sudah kering lalu tambahkan 25 gram umbi kunyit yang sudah kering. Setelah itu larutkan dalam 200 cc air bersih. Setelah itu rebus dan tiriskan. Setelah mendidih, Mums bisa menuangkan ke dalam gelas dan tambahkan madu. Biarkan si kecil mengonsumsi minuman obat tersebut secara rutin.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...