Lima Penyakit Berbahaya yang Belum Bisa Disembuhkan

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

MESKIPUN kemajuan teknologi sudah sangat luar biasa dalam dunia kedokteran, namun masih ada beberapa penyakit dan virus yang hingga detik ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya.

Hingga kini, dokter dan para ilmuwan masih mencari obat yang dapat menyembuhkan penyakit-penyakit ini. Padahal, penyakit-penyakit ini cukup banyak penderitanya dan juga dapat berujung dengan kematian. Berikut adalah beberapa penyakit dan virus yang hingga saat ini belum ditemukan obatnya yang telah dilansir Okezone dari Emgn.

Kanker
Secara sederhana, kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal dengan potensi menyerang bagian tubuh yang lainnya. Hal ini mungkin adalah bagian dari alasan mengapa masih belum ada obat yang dapat mengobati penyakit yang dapat menyebabkan kematian ini.

Penyakit ini dapat mempengaruhi siapa pun. Bahkan, pada kenyataannya, lebih dari 1 dari 3 orang diperkirakan mengidap kanker di beberapa titik dalam hidup mereka.

Asma
Penyakit ini mungkin adalah penyakit yang paling umum diderita seseorang. Asma adalah penyakit paru-paru kronis di mana saluran udara yang meradang menjadi bengkak dan sangat sensitif. Hal ini menyebabkan sesak dada, batuk dan sesak nafas.

Saluran udara orang yang mengidap asma menjadi sangat sensitif terhadap berbagai rangsangan misalnya serbuk sari, polusi udara, asap, kondisi cuaca, dan kadang-kadang karena berolahraga. Meski asma memang dapat ditangani dengan menggunakan inhaler yang dapat dibeli di apotek, namun, ini sama sekali bukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini.

Diabetes
Diabetes adalah gangguan kronis dari metabolisme karbohidrat yang mempengaruhi peran hormon insulin dalam tubuh dan ditandai oleh tingginya kadar gula dalam tubuh seseorang. Biasanya diabetes terjadi dalam bentuk tipe 1 dan tipe 2.

Tipe 1 ini dapat mempengaruhi kemampuan pankreas memproduksi insulin dan mengharuskan pasien untuk menyuntikkan hormon setiap harinya. Sementara diabetes tipe 2 ini lebih umum. Biasanya, tipe ini berkembang pada orang-orang yang kelebihan berat badan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa penyakit ini juga dapat berujung dengan kematian. Namun, hingga saat ini, pihak medis belum menemukan obat untuk mengobati penyakit ini. Padahal, pengidap diabetes sendiri cukup banyak.

HIV/AIDS
Mungkin, Anda sudah tahu bahwa penyakit menular yang satu ini memang belum ditemukan obatnya hingga sekarang. Acquired Immuno Deficiency Syndrom (AIDS) adalah salah satu dari 5 penyakit paling mematikan di seluruh dunia.

Penyakit ini disebabkan ketika seseorang terinfeksi oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV). AIDS adalah akibat langsung dari HIV. Virus ini menyebar melalui cairan tubuh seseorang dan dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman atau jarum suntik yang tidak steril.

Ebola
Ebola paling dikenal karena epidemi besar yang terjadi pada tahun 2014 di Afrika Barat. Penyakit ini dinamai sesuai dengan sungai Ebola yang ada di Afrika. Ebola adalah virus dari Filoviridae yang menyebabkan epidemi penyakit ini dijangkit oleh manusia. Penyakit ini ditandai dengan demam yang ekstrem dan pendarahan yang hebat, dan juga sering berakibat fatal.

Sampai hari ini meskipun penelitian ekstensif dilakukan oleh para dokter dan ilmuwan, namun masih belum ada obat untuk penyakit yang mematikan ini. Tingkat kematian untuk manusia yang terinfeksi ebola berkisar sekitar 90 persen.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...