Lima Asupan Terbaik yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Para Wanita

FOTO | IllustrasiIllustrasi
A A A

JAKARTA — Dibandingkan dengan pria, wanita membutuhkan asupan spesifik untuk kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Ini karena wanita memiliki fase menstruasi dan berbagai perbedaan unik lainnya.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 asupan terbaik yang dianjurkan untuk dikonsumsi para wanita:

1. Bayam
Sayuran berdaun hijau ini kaya akan kandungan magnesium, sehingga diyakini dapat menurunkan gejala pre-menstrual syndrome (PMS) seperti kram perut. Bayam juga diyakini dapat memberikan manfaat ekstra bagi kesehatan tulang, menjaga kestabilan gula darah dan menurunkan risiko serangan asma.

Sementara itu untuk membantu proses penurunan berat badan juga dianjurkan mengonsumsi sayur bening. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes dari Poltekkes Jakarta II menyebutkan bahwa Anda juga bisa memanfaatkan air kuah sayuran bening, misalnya sayur bayam atau sayur katuk.

2. Flax seed
Asupan yang tengah populer ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3, sehingga baik bagi wanita, terutama mereka yang memiliki risiko penyakit jantung dan gula darah. Flax seed juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, sehingga konsumsi rutin asupan ini bisa dikatakan sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

3. Cranberry
Selain segar dan lezat, buah cranberry juga dapat membantu melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung, kerusakan gigi dan infeksi saluran kemih. Ini karena cranberry kaya akan fitonutrien, sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu melindungi wanita dari risiko sejumlah penyakit.

4. Tomat
Tomat kaya akan kandungan lycopene, yang diyakini dapat membantu mengurangi terjadinya kanker payudara dan penyakit jantung. Asupan rutin tomat juga diyakini dapat memperbaiki kesehatan tulang dan membantu menurunkan kolesterol.

5. Gandum
Selain baik untuk kesehatan jantung wanita, asupan gandum misalnya dari oatmeal atau roti gandum untuk menu sarapan, juga membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan menjaga tekanan darah tetap terkontrol.

Bahkan asupan gandum juga membantu mencegah perubahan suasana hati yang berhubungan dengan PMS. Kaya akan serat, gandum juga disebut-sebut dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga fungsi saluran pencernaan wanita.

Sumber: detik.com
Rubrik: Kesehatan

Komentar

Loading...