Armada Amerika Serikat

Lenyapkan Nuklir Korut Lebih Kuat dari Kapal Induk

FOTO | REUTERSKapal induk bertenaga nuklir AS, USS Carl Vinson, yang dikerahkan ke Semenanjung Korea di dekat perairan Korea Utara. Presiden Donald Trump klaim armada tempur yang dikirim AS jauh lebih kuat dari kapal induk
A A A
Kami mengirimkan armada. Sangat kuat,” kata Trump dalam wawancaranya dengan Fox News. ”Kami memiliki kapal selam. Sangat kuat. Jauh lebih kuat daripada kapal induk. Itu saya dapat beritahukan kepada Anda,

WASHINGTON - Presiden Donald Trump menegaskan komitmennya untuk melenyapkan nuklir Korea Utara (Korut) yang jadi ancaman bagi Amerika Serikat (AS) dan para sekutunya. Trump mengklaim, armada perang AS yang dikerahkan ke Semenanjung Korea untuk misi pelenyapan nuklir Korut jauh lebih kuat dari kapal induk.

Klaim Presiden AS itu muncul usai konferensi pers bersam Sekjen NATO Jens Stoltenberg, pada hari Rabu waktu Washington. AS seperti diketahui sudah mengirim kapal induk USS Carl Vinson dan armada tempurnya ke dekat perairan Korut di Semenanjung Korea sejak pekan lalu.

”Kami mengirimkan armada. Sangat kuat,” kata Trump dalam wawancaranya dengan Fox News. ”Kami memiliki kapal selam. Sangat kuat. Jauh lebih kuat daripada kapal induk. Itu saya dapat beritahukan kepada Anda,” ujarnya, yang dilansir Kamis (13/4/2017).

Trump mengatakan pemimpin Korut Kim Jong-un, telah melakukan hal yang salah. Presiden AS ini juga siap melenyapkan ancaman nuklir rezim Pyongyang dengan atau tanpa dibantu China.

Presiden China Xi Jinping setuju dengan denuklirisasi di Semenanjung Korea. Namun, dia lebih memilih cara damai, bukan aksi militer.

”Presiden Xi ingin melakukan hal yang benar. Kami memiliki ikatan yang sangat baik, saya pikir kami memiliki chemistry yang sangat baik, saya pikir dia ingin membantu kami dengan (mengatasi) Korut,” kata Trump ketika konferensi pers dengan Sekjen NATO.

Sementara itu, Jepang sebagaimana dilaporkan kantor berita Kyodo, sedang mempersiapkan diri untuk mengirim beberapa kapal perangnya guna bergabung dengan armada perang AS. Belum jelas berapa kapal perang yang akan dikirim Jepang.

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...