Hati yang Bahagia

Lebih Mudah Menurunkan Berat Badan

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

Kesulitan menurunkan berat badan? Bisa jadi masalahnya ada pada suasana hati Anda. Sekelompok ilmuwan baru saja merilis sebuah studi yang mengatakan, bahwa orang yang bahagia lebih mudah membakar lemak dibanding mereka yang sering bersedih hati. Kuncinya adalah hormon serotonin.

Serotonin yang juga dikenal sebagai hormon kebahagiaan, berkontribusi menentukan perilaku makan manusia karena efeknya dalam menanggapi penampilan, bau dan rasa makanan.

Dalam studi baru ini, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, para peneliti menghapus gen di cacing gelang sampai mereka dapat mengidentifikasi satu yang tepat (disebut FLP-7) yang bertanggung jawab untuk kegiatan pembakaran lemak.

Mereka menemukan bahwa ketika diaktifkan oleh serotonin, FLP-7 disekresikan dari otak dan seluruh tubuh untuk membantu pembakaran lemak dalam usus.

Ini berarti, sekarang kita dapat menarik hubungan langsung antara jumlah serotonin di otak dengan jumlah lemak tubuh yang Anda konversi menjadi energi. Cukup menakjubkan, bukan?

Ini juga merupakan bukti lebih lanjut bahwa penurunan berat badan akan berhasil jika Anda berpikir positif. Otak Anda tidak akan melepaskan banyak serotonin jika Anda dipenuhi perasaan benci dan marah terus-menerus.

Berbahagialah selalu, saat akan ke gym, makan sayuran dan buah segar, saat harus tidur tepat waktu dan lain sebagainya. Percaya, kali ini upaya penurunan berat badan Anda akan berhasil.

Sumber:kompas.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...