Bahaya Lendir dalam Tubuh

Lakukan Tiga Hal Ini agar Tetap Sehat

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

SETIAP orang pasti memiliki lendir yang berfungsi sebagai penghalang bagi partikel jahat. Lendir juga mengandung enzim dan protein untuk membantu tubuh membuang zat-zat tak bermanfaat yang masuk melalui udara.

Lendir adalah bagian dari fungsi kekebalan asli paru-paru, tubuh kita menghasilkan itu sepanjang waktu. Jika Anda mulai merasa tidak nyaman, itu karena lendir yang telah mengubah konsistensinya.

Saat batuk misalnya, kita menemukan lendir berwarna kuning atau hijau keluar dari tubuh. Biasanya orang yang mengeluarkan lendir berlebih karena tubuhnya memiliki kondisi alergi sangat tinggi dan rentan terhadap cuaca. Semua yang dikeluarkan terasa sangat tebal hingga lengket, ini terjadi karena adanya iritasi pada hidung, tenggorokan atau masalah paru-paru.

Lalu bagaimana Anda bisa tahu jika memiliki lendir yang berlebihan? Ada beberapa tanda dan gejala yang khusus untuk penyakit ini. Seperti hidung berair, sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala sinus, hidung tersumbat dan bersin.

Dilansir dari Bright Side, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan kesehatan akibat lendir, di antaranya:

Banyak minum air putih
Ini sangat penting bagi penderita alergi yang tinggi, minumlah lebih banyak air, tetapi tidak jus atau soda. Ini akan membantu menyingkirkan lendir dan membersihkan tubuh Anda secara alami.

Jangan terlalu sering berhadapan dengan angin
Angin yang masuk akan mengiritasi hidung sehingga membuatnya berair. Untuk orang-orang yang memiliki alergi terhadap udara dingin, cobalah gunakan humidifier di kamar setiap malam. Anda juga dapat menambahkan beberapa minyak esensial ke humidifier agar mendapatkan aroma yang baik saat dihirup.

Minum baking soda dan madu
Buat minuman dengan baking soda dan madu ini adalah pengobatan rumah yang baik bagi mereka yang terkena flu dan bisa menyingkirkan kelebihan lendir dari paru-paru. Dengan mencampurkan bahan-bahan seperti 1 sdt madu, ½ sdt baking soda, 2 sampai 3 tetes air lemon dan segelas air hangat.

Minumlah dengan teratur, untuk membersihkan paru-paru dan membantu Anda dalam penyembuhan batuk.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...