Keunikan Air Terjun Bidadari

Lahat yang Punya 7 Puncak

keunikan-air-terjun-bidadari-lahat-yang-punya-7-puncak-7lFbHTipIl
A A A

DESA Karang Dalam, Kabupaten Lahat, menyimpan banyak pesona air terjun. Tak heran, Desa ini dipilih sebagai tempat untuk proses Syuting Legenda Si Pahit Lidah yang berasal dari Lahat. Salah satu air terjun yang terkenal keelokannya yakni Air Terjun Bidadari atau disebut "Ayek Asam" oleh warga sekitar. Air terjun ini memiliki 7 puncak dan setiap air terjunnya mempunyai tinggi berbeda-beda. Air Terjun Bidadari memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan lebar kolam 15 meter. Dari kolam inilah air mengalir ke Sungai Lematang melalui sungai kecil.

Di sekitar lokasi Air Terjun Bidadari, terdapat 6 air terjun lagi. Tiga di antaranya, Air Terjun Bujang Gadis dengan ketinggian 4 meter, Air Terjun Naga dengan ketinggian sekira 10 meter, dan Air Terjun Sumbing dengan ketinggian 35 meter. Untuk Air Terjun Bujang Gadis berjarak lebih kurang 30 meter dari Air Terjun Bidadari. Air Terjun Sumbing berjarak kurang lebih 80 meter, dan Air Terjun Naga sekira 50 meter dari Air Terjun Sumbing. Jarak tempuh bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sini hanya kurang lebih 15 menit menggunakan kendaraan dari Kabupaten Lahat. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati kebun kopi, lalu menembus hutan sekira kurang dari 30 menit.

Pengunjung diharapkan tidak membuang sampah sembarangan di area air terjun karena warga sekitar sangat kental memegang mitos tentang Air Terjun Bidadari ini. Disekitar air terjun ini juga dibiarkan asri oleh warga dengan pepohonan yang rindang serta bebatuan yang membentuk sebuah goa kecil. Jadi bagi yang ingin ke Kabupaten yang dipimpin Aswari Rivai ini, tidak ada salahnya jika berkunjung ke Air Terjun Bidadari ini. Warga sekitar juga sangat ramah terhadap wisatawan dan siap mengantarkan wisatawan apabila ingin ditemani.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Tekno

Komentar

Loading...