Priyanka Chopra

Kunjungi Pengungsi Rohingya di Bangladesh

foto | istimewaPriyanka Chopra
A A A

TEKNAF UPAZILA - Bintang bollywood, Priyanka Chopra mengunjungi kamp pengungsi Rohingya di Teknaf Upazila, Bangladesh, pada 22 Mei 2018.

Priyanka mengatakan jika orang-orang Rohingya yang tinggal dalam kamp-kamp pengungsi di Bangladesh masih sangat rentan. Hal ini diungkapkannya dalam akun facebook pribadinya pada 22 Mei 2018.

“Pada pertengahan tahun 2017, dunia melihat peristiwa mengerikan yaitu pembuangan etnis Rohingya dari Negara Rakhine Myanmar (Burma). Hampir 700.000 orang Rohingya menyeberangi perbatasan hingga sampai ke Bangladesh. Buruknya, 60% dari mereka adalah anak-anak. Beberapa bulan kemudian mereka masih sangat rentan, tinggal di kamp yang penuh sesak tanpa tahu kapan atau di mana mereka akan menetap nantinya,” ungkap dia.

Berdasarkan hal itu, Priyanka merasa khawatir dengan 60% anak-anak. Ia berharap jika masyarakat diseluruh dunia peduli dan ikut membantu.

“Anak-anak ini berada di garis depan krisis kemanusiaan. Melalui senyum mereka, aku bisa melihat kekosongan di mata mereka. Aku berharap dunia peduli. Anak-anak ini adalah masa depan kita, ” imbuh perempuan asal Jamshedpur tersebut.

Lebih lanjut, menurut inspektur polisi di distrik Cox Bazar, Afrujul Haque Tutul, bintang film Andaaz tersebut mengunjungi tiga kamp sekitar pukul 8 pagi waktu setempat.

"Priyanka pertama kali mengunjung kamp yag didirikan di titik Hariyakhali Anchor di bawah Sabrang Union, Teknaf Upazila," ungkap dia.

Artis yang juga menjadi duta besar Unicef untuk hak-hak anak tersebut terakhir mengunjungi kamp didaerah Unchiprang. Di mana ada sekitar 30.000 orang Rohingya menetap disana.

Sebelumnya, dengan pengawalan ketat perempuan 35 tahun tersebut mendarat di Bandara Internasional Hazrat Shahjalal di Dhaka, pada 21 Mei 2018. Mantan Miss World tersebut terbang ke Dhaka dari London. Di mana ia menghadiri pernikahan temannya Meghan Markle dan Pangeran Harry pada 19 Mei 2018 di St George Chapel, Kastil Windsor, London.

Priyanka, yang telah menjadi duta Unicef selama satu dekade, sekarang ini tinggal di hotel Royal Tulip di Cox's Bazar. Priyanka dijadwalkan akan mengunjungi pengungsi Rohingya lainnya pada hari Rabu, (23/5/2018). Kemudian, ia dijadwalkan kembali ke Dhaka pada hari Kamis.

Untuk informasi, menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sekitar 700.000 warga Rohingya telah melarikan diri dari kekerasan di negara bagian Rakhine di Myanmar dan tiba di Cox's Bazar sejak Agustus 2017.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Infotainment

Komentar

Loading...