Ingin Eksplor Keindahan Indonesia?

Kunjungi Danau Kelimutu di NTT

FOTO | AstikafrdDanau Kelimutu di NTT
A A A

INDONESIA memang menawarkan jutaan keindahan yang tak bisa ditampik. Dari Sabang sampai Merauke, Anda tak akan kecewa dengan keindahan alamnya. Saat ini, kawasan Indonesia tengah dan timur tengah menjadi destinasi favorit traveler.

Terutama para traveler muda yang ingin mengeksplor keindahan Indonesia yang selama ini belum banyak dipublikasikan. Jika Anda berencana mengeksplor keindahan Indonesia bagian tengah, Anda bisa memulainya dari Danau Kelimutu.
Karena danau ini adalah danau yang unik dengan 3 warnanya dan sudah dikenal oleh dunia. Malu dong jika wisatawan mancanegara sudah banyak yang datang, tapi Anda malah belum pernah melihatnya.

Danau Kelimutu terletak di puncak Taman nasional Kelimutu, Ende, Nusa Tenggara Timur. Karena keunikannya, Danau Kelimutu juga pernah diabadikan sebagai gambar dalam lembaran uang Rp5 ribuan.

Dikutip dari laman Indonesia Travel, Danau Kelimutu sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Belanda bernama Van Such Telen pada tahun 1915. Keindahannya kemudian semakin mendunia setelah Y.

Bouman melukiskan keindahan dan perubahan warna air danau tersebut pada 1929. Danau Kelimutu terkenal karena memiliki tiga warna berbeda yaitu merah, biru, dan putih sehingga sering pula disebut sebagai Danau Tiga Warna. Namun ketiga warna itu akan berubah sepanjang tahun.

Terkadang menjadi biru, hijau toska, hingga hitam. Menurut penduduk setempat, warna-warna tersebut dibuat oleh roh para leluhur. Danau berwarna merah disebut “Tiwu Ata Polo” yang merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal.

Danau berwarna biru disebut “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” yang berarti tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Sedangkan danau bewarna putih disebut “Tiwu Ata Mbupu” yang merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orangtua yang telah meninggal.

Untuk mencapai Danau Kelimutu, Anda harus menempuh perjalanan jarak sekira 30 kilometer dengan waktu tempuh lebih dari 1 jam dari Ende. Anda juga harus menyiapkan fisik yang kuat karena untuk dapat sampai ke danau ini, harus trekking sekira 30 menit.

Waktu terbaik mengunjungi Danau Kelimutu adalah sebelum matahari terbit. Sehingga Anda bisa menyaksikan terbitnya matahari dari puncak di atas Danau Kelimutu yang indah.


Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...