Badan Pusat Statistik Aceh,

Kunjungan Wisman ke Aceh Turun 21 Persen

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

Penurunan ini bisa saja disebabkan karena dalam tahun tersebut banyak kegiatan bertaraf nasional sehingga banyak hotel dan penginapan penuh dipesan oleh wisatawan nusantara,

Wahyudin Kepala BPS Aceh

BANDA ACEH - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh mencatat kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah setempat pada tahun 2017 turun sebesar 21 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Penurunan ini bisa saja disebabkan karena dalam tahun tersebut banyak kegiatan bertaraf nasional sehingga banyak hotel dan penginapan penuh dipesan oleh wisatawan nusantara," kata Kepala BPS Aceh Wahyudin di Banda Aceh, Kamis.

Ia menyebutkan secara kumulatif jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Aceh Januari-Desember 2017 sebanyak 33.105 orang atau turun dari 2016 sebanyak 42.222 menjadi orang.

Menurut dia, para Wisman yang datang pasti akan menginap saat berkunjung di Aceh dan melihat kondisi penginapan dan hotel penuh dengan adanya kegiatan yang berlangsung di Aceh ada diantara mereka memilih menunda liburan ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Ia mengatakan tamu asing asal Malaysia masih menjadi pelancong terbanyak yang datang ke Aceh yakni sebanyak 24.874 orang pada periode Januari sampai Desember 2017.

Kendati terjadi penurunan pada kunjungan wisatawan asing, Wahyudin mengatakan kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Aceh pada tahun 2017 terjadi peningkatan drastis.

"Jika dibanding dengan kunjungan wisatawan asing, jumlah wisatawan nusantara yang datang dan berkunjung ke Aceh sepanjang 2017 lebih banyak," katanya.

Menurut dia, salah satu yang mendorong banyaknya wisatawan nusantara yang berkunjung dan datang ke Aceh disebabkan adanya kegiatan nasional yang diselenggarakan sepanjang tahun 2017.

"Pelaksanan event tingkat nasional yang berlangsung di Aceh dari Januari sampai Desember 2017 memberikan kontribusi besar terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke provinsi ini," katanya.

Jika dibanding dengan kunjungan wisatawan asing, jumlah wisatawan nusantara yang datang dan berkunjung ke Aceh sepanjang 2017 lebih banyak,
Kode:47
Sumber:antara
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...