Hasrat masyarakat di wilayah tengah Aceh untuk pemekaran Provinsi Aceh Leuser Antara (ALA) kian masif. Bermacam upaya untuk proses percepatan lahirnya Provinsi ALA terus dilakukan, baik itu dari kalangan pimpinan daerah, tokoh pejuang, aktivis, mahasiswa hingga reje Kampung di wilayah tengah tersebut. Sejumlah pemuda memasang pamplet yang bertuliskan Kantor Bupati Bener Meriah Provinsi ALA yang dipasang persis didepan kantor Bupati Bener Meriah. Kamis ( 24/9/2020).

KPA Kuta Pasee Minta Mualem Copot Ketua BRA

ISTIMEWAKetua Komite Peralihan Aceh (KPA) Kuta Pase – Lhokseumawe Mukhtar Hanafiah alias Ableh Kandang
A A A

LHOKSEUMAWE - Komite Peralihan Aceh (KPA) Lhokseumawe meminta Muzakir Manaf (Mualem) untuk segera mencopot ketua BRA yang telah melakukan kesalahan fatal dan telah melukai hati para korban konflik, kombatan GAM serta para tapol napol dalam memperingati acara ulang tahun perdamaian Aceh.

Penegasan ini disampaikan oleh Mukhtar Hanafiah alias Ableh Kandang, selaku ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Kuta Pase – Lhokseumawe dalam keterangan tertulis kepada acehimage.com, Kamis (13/8/2020).

Menurut Ableh, perdamaian Aceh yang ke 15 tahun antara pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan Gerakan Aceh merdeka(GAM) seharusnya BRA menjadi tempat untuk menampung segala persoalan korban konflik menjadikan damai.

"Ini momentum untuk berkumpul para kombatan GAM sehingga bisa menrefleksikan sejauh mana sudah berjalan perdamaian ini bukan menghamburkan uang untuk hal hal yang tak penting dan melukai hati para korban,"tegas Ableh.

Ia juga mengecam tindakan Ketua BRA yang telah melukai hati rakyat Aceh khususnya korban konflik dengan menggunakan anggaran APBA Aceh senilai Rp305 juta untuk kegiatan Touring MOGE.

Sebab kegiatan tersebut, kata mantan kombatan GAM ini tidak bermanfaat bagi para syuhada Aceh yang telah berjuang untuk kesejahteraan rakyat Aceh.

Itu sebabnya, ia meminta Mualem selaku Ketua KPA Pusat agar segera memberikan rekomendasi untuk megantikan Sayed Fakhrurrazi dari ketua Badan Reintegrasi Aceh (BRA).

"Kami berharap Mualem lebih baik ganti saja ketua BRA dengan oang yang mampu menampung permasalahan kombatan GAM yang selama ini masih jauh degan janji janji yang tertuang di dalam MOU helsinki," cetusnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...