Kejepit 3 Negara

Kota Tuan Rumah Piala Dunia 2018

FOTO | ISTIMEWAKota Kaliningrad
A A A

KALININGRAD - Piala Dunia 2018 di Rusia digelar di beberapa kota. Salah satunya, kota yang kejepit 3 negara ini. Tebak apa?

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (15/6/2018), inilah Kota Kaliningrad. Kota kejepit Rusia ini ada di antara negara Latvia, Belarus, dan Polandia juga Laut Baltik.

Kaliningrad adalah ibu kota provinsi Rusia dengan nama provinsi yang sama. Dulu, Kota Kaliningrad dijuluki dengan nama Konigsberg selama berabad-abad pemerintahan Prusia (bagian dari Jerman).

Sebagian besar dari kota ini telah dibangun kembali setelah Perang Dunia II. Adapun jejak peninggalan pendudukan Jerman dapat dilihat di Gerbang Brandenburg yang masih bertahan hingga kini di kawasan nelayan Kaliningrad.

Kaliningrad menjadi destinasi wisata kuliner dan belanja. Tak hanya itu, kota ini memiliki bangunan-bangunan bergaya Abad Pertengahan yang dibangun ulang.

Kota ini memang pernah rusak parah karena berbagai perang, dari Perang Salib hingga Perang Dunia tak terkecuali situs terkenalnya, yakni Benteng Prusia Tuangste (Twangste) yang dibangun pada 1255 oleh Ordo Teutonik Peppo Osteren von Wertgaint dan Raja Ceko, Premysl II Ottakar. Berpopulasi 431,902 pada tahun 2010, kota ini siap menggelar pertandingan-pertandingan Piala Dunia FIFA.

Filsuf besar Immanuel Kant pernah menjadi penduduk Kaliningrad. Ada pula penulis Jerman terkemuka Ernst Theodor Amadeus Hoffmann lahir dan belajar di kota ini, juga tokoh-tokoh kebudayaan dan sains Jerman pun sama.

Adapun perang yang pernah dialami Kota Kaliningrad yakni Perang Tujuh Tahun, Perang Napoleon, Perang Dunia Pertama dan Kedua. Kota ini menjadi persimpangan berbagai tradisi sejarah dan budaya orang-orang dari berbagai negara.

Berikut ini pertandingan Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Kaliningrad Stadium, Kota Kaliningrad yang berkapasitas 35.212 penonton: Minggu (17/6) Kroasia vs Nigeria pukul 02.00 WIB, Sabtu (23/6) Serbia vs Swiss pukul 01.00 WIB, Jumat (29/6) Inggris vs Belgia pukul 01.00 WIB.

Jadi kalau traveler ke Kota Kaliningrad bias dukung tim kesayangan sambil plesir ke kota penuh sejarah ini!

Kode:47
Sumber:detik.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...