Banda Aceh:

Kota Paling Berintegritas, Nomor Dua Paling Tidak Toleran di Indonesia

FOTO | ISTIMEWABalai Kota Banda Aceh
A A A

ACEH - Tidak berselang lama, Kota Banda Aceh mendapat dua anugerah sekaligus. Pertama, kota paling berintegritas, sedangkan lainnya kota nomor 2 paling tidak toleran di Indonesia.

Gelar pertama disematkan oleh KPK. Dalam Survei Penilaian Integritas (SPI) terhadap kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Kota Banda Aceh mendapat indeks integritas paling tinggi, yaitu 77,39.

"Walaupun kita peringkat pertama nasional dan di atas rata-rata tingkat pemerintah daerah maupun kementerian, tapi nilainya belum 100. Masih banyak hal yang harus kita perbaiki," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, menyikapi hasil survei itu pada akhir November 2018.

Versi KPK, nilai tertinggi selanjutnya disusul Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, dengan angka 77,15, sedangkan di posisi ketiga Ditjen Bea-Cukai Kementerian Keuangan dengan nilai 76,54.

"Nilai indeks tinggi mendekati 100 menunjukkan risiko korupsi rendah dan adanya kemampuan sistem untuk merespons kejadian korupsi dan pencegahannya secara lebih baik. Nilai tinggi tidak berarti kejadian korupsi tidak akan terjadi. Karena, korupsi, sebagaimana tindak pidana lain, dapat terjadi meski dalam sistem yang sudah mapan," ucap Direktur Litbang KPK Wawan Wardiana.

Tidak lama berselang, LSM Setara Institute melansir daftar kota-kota di Indonesia yang paling toleran dan paling tidak toleran. Hasilnya, Aceh menduduki nomor dua dari bawah. Berikut ini 10 kota dengan skor toleransi terendah:

85. Sabang, 3.757
86. Medan, 3.710
87. Makassar, 3.637
88. Bogor, 3.533
89. Depok, 2.490
90. Padang, 3.450
91. Cilegon, 3.420
92. Jakarta, 2.880
93. Banda Aceh, 2.830
94. Tanjung Balai, 2.817

"Yang menjadi pertanyaan kita, apakah mereka datang survei ke Banda Aceh atau hanya dengar dari orang-orang, lalu membuat kesimpulan yang itu sangat bertentangan dengan fakta sebenarnya? Ini sebenarnya metode apa yang digunakan? atau jangan-jangan ini seperti ada rencana untuk mengkerdilkan pemberlakuan syariat Islam di Banda Aceh?" kata Ketua Fraksi PKS DPRK Banda Aceh Irwansyah.

Adapun yang menjadi kota paling toleran ditempati Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Kode:47
Sumber:detik.com
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...