Hercules Jatuh

Korban Pesawat Hercules Sudah Ditemukan

FOTO | IstimewaIllustrasi Pesawat Hercules
A A A

JAKARTA - Evakuasi Tim SAR Gabungan untuk 12 awak pesawat Hercules C-130 A-1334 yang jatuh di Wamena terkendala lokasi. Kepala SAR Jayapura Suyatno mengatakan, Tim SAR dan anggota TNI sudah berada di lokasi dengan membawa kantung jenazah. Lokasinya 10 kilometer dari Kota Wamena.

"Lokasi jatuhnya pesawat nahas itu berada di sekitar Gunung Lisuwa, Distrik Minimo yang berada di seberang sungai Baliem," kata Suyatno. Diduga pesawat yang mengangkut beras dan semen dengan berat total 12 ton itu, jatuh setelah terperangkap kabut dan menabrak gunung.

Kalau Tim SAR terkendala medan yang sulit, diduga pesawat yang dikemudikan Mayor (Pnb) Marlon Kawer itu jatuh karena faktor cuaca. Mengutip Antara, menurut Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna cuaca memang dilaporkan tidak baik saat kejadian.

Kondisi pesawat sendiri dinyatakan layak terbang. “Saya sudah membuat surat perintah untuk tim investigasi menuju ke sana, termasuk menyelidiki kondisi cuaca saat itu," kata Agus.

Yang terpenting baginya saat ini, fokus utama adalah mempercepat evakuasi korban. Dengan demikian, para korban meninggal bisa dikembalikan ke keluarga secepatnya. Agus mengaku mengerahkan banyak pasukan untuk memastikan evakuasi berjalan lancar dan cepat.

“Untuk proses evakuasi, selain dua helikopter, kami juga berangkatkan satu pesawat Hercules dan Boeing yang sudah berada di Jayapura," kata Agus di Jakarta, Minggu (18/12).

Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja dalam konferensi pers di Halim Perdanakusuma mengatakan, jumlah korban tewas 13 orang, termasuk satu penumpang dari Satuan Radar 242 Lanud Abdul Rachman Saleh. Penumpang bernama Kapten Rino itu baru dari dinas di Malang dan akan akan pulang ke Biak.

Saat ini, ketigabelas korban sudah ditemukan oleh Tim SAR. Menurut Hadiyan, semuanya ada di Bandara Wamena dan sedang menunggu koordinasi lebih lanjut. Mereka akan segera diinvestigasi dan dipulangkan ke keluarga.

Komentar

Loading...