Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Sekda Buka Sarasehan Forum Keserasian Sosial Kampung Godang

SAMSUDDINSekretaris Daerah (Sekda) Bener Meriah Drs Haili Yoga MSi membuka sarahsehan forum keserasian sosial tahap I tahun anggaran 2020 di Kampung Godang
A A A

BENER MERIAH – Kampung Godang Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah merupakan satu dari delapan Kampung di Provinsi Aceh mendapatkan bantuan dari Kementerian sosial terkiat keserasian sosial.

Kegiatan sarahsehan forum keserasian sosial tahap I tahun anggaran 2020 di Kampung Godang dengan tema "Harmoni dalam kebersamaan" dibuka secara resmi oleh Sekda Drs Haili Yoga M Si, Selasa (25/8/2020).

Dalam laporanya Ketua Forum Keserasian Sosial Godang, Muhdi SP menyampaikan, forum keserasian sosial Kampung Godàng terbentuk pada tanggal 13 Januari tahun 2020 yang kemudian disahkan melalui SK Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bener Meriah nomor: 460/45/sk/2020 tanggal 27 januari 2020.

Dikatakan Muhdi, kegiatan program keserasian sosial ini bersumber dari dana APBN pada kementerian sosial Republik Indonesia dimana program ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, persaudaraan dan kesetiakawanan sosial dalam masyarakat sehingga potensi terjadinya konflik semakin berkurang.

“Forum keserasian sosial godang merupakan satu dari 8 desa se-Provinsi Aceh yang berhasil mendapatkan dana dari program ini berdasarkan hasil seleksi ditingkat kabupaten, Tingkat Provinsi maupun tingkat pusat melalui pengajuan profosal program keserasian sosial,"ungkap Muhdi.

Dalam kesempatan tersebut, Muhdi membeberkan besaran anggaran yang diterima sebesar Rp150 juta dengan rincian penggunaan dana yang sudah ditetapkan oleh pihak kementerian yakni 100 juta untuk pembangunan fişik, Rp5 juta untuk pembangunan tugu keserasian sosial, Rp10 juta untuk administrasi forum dan sisanya untuk kegiatan sarasehan dan acara peresmian nantinya yang insyaallah akan dihadiri oleh menteri sosial Republik Indonesia atau yang mewakilinya,"paparnya.

Anggran untuk fisik tersebut, forum keserasian Kampung Godang bersama masyarakat Kampung Godang sepakat mengalokasikannya untuk pembangunan pagar keliling Masjid Almukhlisin Kampung Godang yang sampai saat ini progresnya sudah mencapai 60 persen dan pengerjaanya dilakukan secara gotong royong bersama seluruh lapisan masyarakat Kampung Godang.

Sementara itu, Sekda Bener Meriah, Drs Haili Yoga M Si menyampaikan apresiasi terhadap masyarakat Kampung Godang dan forum keserasian sosial Kampung Godang yang memiliki ide kriatif salah satunya dengan menyediakan masker yang didesain kerawang gayo dibagikan kepada peserta sarahsehan forum keserasian sosial yang hadir hari ini.

Kata Haili Yoga, hal seperti ini patut ditumbuh kembangkan ditengah-tengah masyarakat agar ada ciri khas suatu kampung dan kita berharap setiap kampung punya pemikiran untuk memoles seindah mungkin kampung masing-masing terlebih Kampung Godang ini adalah merupakan Kampung yang tergolong kampung yang sudah tua usianya.

“Dan yang terpenting kita menumbuh kembangkan azas musyawarah dalam menyikapi setiap konflik di Kampung hal ini guna menghindari terjadinya konflik sosial ditengah masyarakat, jangan sedikit-sedikit melapor minta diselasaikan secara hukum sebelum melakukan musyawarah di Kampung dalam menyikapi setiap persoalan,"harap Haili.

Sebelumnya, Camat Kecamatan Bukit, Ismail SE menyampaikan, Kampung Godang terdiri dari 200 jiwa terdiri dari 76 Kepala Keluarga (KK) yang berada di Kemukiman redelong Kecamatan Bukit.

Menurut Ismail, belakangan ini sering terjadi konflik sosial ditengah-tengah masyarakat antara satu masyarakat dengan masyarakat lain dan itu kentara terjadi setelah adanya dana desa.

"Untuk itu melalui kegiatan ini kita berharap dapat mengakhiri konflik sosial anatara masyarakat,"pinta Ismail.

Ismail juga meminta semangat gotong royong kembali ditanamkan di tengah masyarakat, karena menurutnya semenjak tahun 2015 silam semangat gotong royong mulai terkikis ditengah masyarakat.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...