Waktu Terbaik,

Konsumsi Makanan untuk Turunkan Berat Badan

FOTO | ISTIMEWANasi Putih
A A A

Obesitas adalah salah satu perkara yang banyak dijumpai di generasi sekarang. Hal ini karena orang lebih cenderung mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan instan yang langsung disantap. Makanan semacam itu mengandung sodium dan kalori yang tinggi, yang memilii efek merugikan jika dikonsumsi secara berkala.

Untuk membakar ekstra kalori tersebut, penting bagi Anda untuk menjalani diet yang tepat. Saat berbicara mengenai diet, tidak hanya mengonsumsi makanan yang rendah kalori, tetapi juga mengomsumsi makanan di waktu yang tepat.

Melansir dari Boldsky, Minggu (7/1/2018), berikut di bawah ini merupakan daftar makanan pokok sehat yang sebaiknya dikonsumsi di waktu tertentu agar diet Anda berhasil. Simak ulasannya sebagai berikut.

Nasi
Banyak dari kita memiliki kesalahpahaman bahwa nasi bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, sebaliknya, nasi mengandung cukup banyak karbohidrat yang diperlukan untuk fungsi tubuh. Makanlah semangkuk kecil berisi nasi untuk makan siang, tetapi hilangkan menu nasi untuk makan malam. Hal ini disebabkan nasi bisa menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi sebelum tidur. Jika Anda serius dengan program diet Anda, batasi jumlah nasi yang Anda konsumsi, serta jangan lupa agar menyajikan nasi bersama lauk-pauk yang seimbang.

Sayuran
Sayuran adalah makanan pokok untuk diet. Banyak orang memakan sayuran yang sudah dimasak dengan rempah-rempah agar lebih enak. Namun dalam proses ini, nutrisi pada sayuran yang lebih penting, sehingga sebaiknya sayuran hanya direbus dan diberi sedikit bumbu saja. Jika memakan sayuran, hendaknya dilakukan pada makan siang dan makan malam. Hindari mengonsumsi sayuran untuk sarapan pagi.

Teh dan kopi
Secangkir teh atau kopi hangat di pagi yang dingin mungkin cara yang tepat untuk memulai hari Anda, tetapi perlu Anda ketahui bahwa pada waktu ini kadar hormon kortisol sedang tinggi. Jadi, sebaiknya hindari kafein. Lebih baik minum kopi setelah sarapan pagi dan sore hari. Dan, hindari kopi sebelum tidur karena bisa menyebabkan gangguan tidur. Demikian pula, secangkir teh hijau mungkin merupakan pilihan terbaik untuk menjalani program diet, namun penelitian mengungkapkan bahwa meminumnya pada perut kosong dapat memengaruhi sistem kerja hati. Maka dari itu, tetapkan 2 jam setelah sarapan pagi dan paling tidak 4 jam sebelum tidur.

Ikan
Ikan juga merupakan salah satu makanan yang pokok. Ikan merupakan sumber penting vitamin dan asam lemak omega-3. Ikan juga membantu Anda untuk menghilangkan rasa lapar dan mencegah untuk mengonsumsi kalori ekstra. Anda bisa mengonsumsi ikan dengan nasi untuk makan siang dan ikan panggang dengan sayuran hijau untuk makan malam. Hindari makan ikan pedas atau kari terlalu banyak karena nutrisi yang terkandung bisa menghilang.

Roti
Roti merupakan makanan yang sempurna untuk menghilangkan rasa lapar di pagi hari. Roti memiliki sumber karbohidrat yang kaya. Jika Anda menjalani program berat badan, pilihlah roti gandum. Studi mengungkapkan bahwa dua potong roti panggang untuk sarapan di pagi hari dapat bertindak sebagai penahan nafsu makan dan mengurangi rasa lapar. Namun, memiliki roti di malam hari bisa mengalami masalah pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya mengonsumsi roti di pagi hari.

Buah-buahan
Buah bisa dimakan kapan saja, dari pagi sampai malam. Bahkan, Anda bisa mengonsumsinya saat tengah malam. Tapi, ingatlah untuk menjaga jarak kira-kira setengah jam antara buah dan makanan pokok Anda. Buah adalah sumber vitamin dan antioksidan yang sehat, yang bisa menghilangkan rasa lapar dan membantu penurunan berat badan.

Telur
Telur adalah salah satu makanan yang paling lezat dan sehat. Entah itu direbus atau digoreng. Waktu terbaik untuk mengonsumsi telur ialah pada saat sarapan Anda. Cobalah menghindarinya pada waktu malam hari karena bisa menyebabkan kembung.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...