Akibat tingginya curah hujan mengakibatkan dua unit rumah warga Kampung Lampahan Timur, Kecamatan Timah Gajah, Kabupaten Bener Meriah tertimbun tanah longsor, Jumat (15/1/2021). Selain itu, satu unit gudang yang berada di dekat rumah ikut tertimbun. Plt Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah, Safriadi melalui Kabid Kedaruratan, Anwar Sahdi menyampaikan, dua rumah warga yang tertimbun bagian dapurnya itu yakni rumah, Musliadi dan Muklis yang merupakan Reje Kampung Setempat.

Kompak, Tim MBGH Adakan Gowes Bareng Anggota

ISTIMEWATim gowes
A A A

BANDA ACEH - Berbagai cara dilakukan untuk mempererat hubungan antara pelatih dengan sesama anggotanya. Begitu juga dengan Tim Marching Band Gita Handayani ini, mereka mengadakan kegiatan bersepeda bersama seluruh anggotanya.

Ketua tim pelatih Marching Band Gita Handayani, Taufik Hidayat kepada media, Minggu (20/12/2020) di Radar Bike Jambo Tape menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya pihaknya dalam rangka meningkatkan kapasitas sesama anggota tim.

“Jadi pada kesempatan ini kita memilih untuk melaksanakan kegiatan gowes ini. Karena murah dan mudah dilakukan oleh siapa pun. Terlebih dengan kondisi pandemi Covid 19 sekarang yang mengharuskan kita untuk menjaga kesehatan dan kebugaran,” terangnya.

Dia memastikan peserta yang ikut kegiatan gowes ini mencapai 60 peserta dengan jarak tempuh 35 km.

Sedangkan untuk titik kumpul dan finishnya di Radar Bike di Jambo Tape, Kota Banda Aceh atau depan Kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah Aceh.

“Sesudah gowes, anak-anak juga akan diperkenalkan dan diberikan informasi tentang manfaat olahraga sepeda dan jenis sepeda sesuai dengan postur tubuh masing-masingnya.

Karena di Radar Aceh disediakan bermacam jenis sepeda yang digunakan atlet dan masyarakat umum,” ujar pria yang akrab dipanggil Toya.

Selain menjaga stamina, kata Toya, olahraga yang familiar dengan gowes ini dinilai bisa mempererat hubungan sekaligus membangun kebersamaan antara pelatih dan anggotanya.

“Olahraga ini juga berguna untuk menjaga stamina agar tetap stabil. Itu merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh anggota tim MBGH,” katanya.

Dia menambahkan, kegiatan gowes tak hanya kali ini saja digelar, nantinya kita juga akan sering olahraga bersepeda.

Kegiatan kali ini tidak hanya diikuti oleh anggota Tim Marching Band Gita Handayani dan jajaran saja, melainkan diikuti juga oleh beberapa komunitas sepeda lainnya.

Berikut beberapa manfaat bersepeda untuk kesehatan :

1.Mengontrol berat badan Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan karena dapat meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot dan membakar lemak tubuh.

Penelitian menunjukkan bersepeda selama satu jam membantu membakar 300 kalori. Riset dari Inggris juga membuktikan, bersepeda selama setengah jam setiap hari membantu membakar lima kilogram lemak dalam setahun.

2.Menjaga kesehatan jantung Bersepeda memperkuat otot jantung, menurunkan denyut nadi istirahat dan mengurangi kadar lemak darah.

Riset dari Denmar yang meneliti 30.000 orang berusia 20 hingga 93 tahun juga membuktikan bersepeda secara teratur melindungi kita dari penyakit jantung.

3.Meminimalisir risiko diabetes Diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius. Kurangnya aktivitas fisik adalah alasan utama yang membuat penderita diabetes meningkat setiap waktu.

Riset dari Finlandia membuktikan, bersepeda 30 menit per hari mampu mengurangi risiko diabetes hingga 40 persen.

4.Meningkatkan kesehatan mental Gangguan kesehatan mental seperti depresi, stres dan kecemasan dapat dikurangi dengan mengendarai sepeda secara teratur.

Hal ini disebabkan karena bersepeda memiliki efek yang sama seperti rekreasi sehingga mendorong dopamin yang memicu rasa bahagia.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...