Hilangkan Berita Bohong

Kominfo RI Gelar Dialog Literasi Media di Sabang

ACEHIMAGE.COM | JALALUDDIN ZKYDialog
A A A

SABANG - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada Sabtu (01/09/18), bertempat di Galang Resort Gampong Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang melaksanakan Forum Dialog dan Literasi Media.

Kegiatan tersebut diprakarsai Kementerian Komunikasi dan Informatika, bekerjasama Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Sabang dan Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kota Sabang.

Kegiatan tersebut dihadiri Staf Ahli Menteri Kominfo RI Dr  Gugur, Dr Amirsyah Tambunan l Wakil Sekjen MUI Pusat, Tgk Murdani, mewakili Ketua MPU Sabang, Dewi Fortuna, mewakili Kadis Infokom Statistik dan Pesandian Kota Sabang dan diikuti 100 peserta dari berbagai elemen.

Selain itu, juga hadir organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Sabang, Ikatan Pemudah dan Pelajar Mahasiswa Sabang (IPPEMAS), Kelompok Informasi Gampong (KIG) Se-Kotay Sabang, Tokoh Agama, Pemuka Adat, Siswa/i dari SMA I Sabang, SMAN II Sabang, SMKN Sabang, MAN Sabang dan Pasantren Terpadu Al-Mujadid.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) MUI-RI DR Amirsyah Tambunan, dalam ceramahnya menyampaikan bagaimana cara terbaik menggunakan sarana komunikasi (Hand Phone), agar tidak timbul dalam menyampaikan informasi di Media Sosial (Medsos).

Kegiatan ini bertujuan, untuk menghindar perpecahan bangsa dalam dunia Medsos. Dimana akhir-akhir ini sarana komunikasi kerap disalah gunakan dalam tata cara menyampaikan informasi yang muncul tanpa melihat isi serta tujuan informasi itu sendiri., katanya.

Saat ditanya menyangkut dilakukannya lebel halal segala kegiatan di Aceh khususnya kawasan wisata Sabang, Amirsyah Tambunan menyebutkan itu sangat baik dilakukan dengan ketentuan harus dikuatkan dengan Qanun Aceh.

Apalagi, Sabang sebagai yang dikenal sebagai kawasan kunjungan wisata international. Pun begitu, jangan hanya level halal saja yang perlu dijalankan tetapi juga harus diterapkan pelaksanaannya dengan sungguh-sungguh.

Sementara Staf Ahli Kementerian Keminfo Dr Gugun, menambahkan pelaksanaan Forum Dialog Literasi Media untuk menerangkan kepada masyarakat bagaimana ber-Medsos dengan benar dan bijak, sehingga "Terjaga Jagat Maya Rukun di Media Sosial".

Di Indonesia pengguna Internet sampai tahun 2018 mencapai 143,26 juta, dari jumlah itu pemakai alat sarana komunikasi yàng melayang-malayang tanpa henti berbicara, tukar informasi, saling kirim foto termasuk informasi-informasi tak bijak.

Karena alat atau sarana informasi sudah menjadi kebutuhan pokok, artinya dijaman "NOW" tanpa HP rasanya belum lengkap dalam kehidupan sehari-hari. Maka, kita harus dapat mengendalikan Hand Phone dengan Bijak dan Ber-Media Sosial baik.

Dengan dapat mengendalikan media sosial maka, akan terhindar dari berita hoaks, perang dunia maya dan juga tidak merusak iman serta tidak menyebarkan hal-hal yang bersifat hoaks. terangnya.

Dijelaskan, Remaja yang mengunakan transformasi di era digital ini, menjadi urutan utama di Indonesia, kalau dulu Offline kini telah menjadi Online. Seperti berbisnis melalui Online, bekerja sacara Online dan hubungan sosial termasuk pribadi dilakukan melalui Online. Jelasnya.

Penulis:Jalaluddin Zky
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...